Brilio.net - Film animasi merupakan salah satu karya yang dinilai tak bisa habis dimakan usia. Bagaimana tidak, di tengah era yang serba teknologi ini, produksi film-film animasi juga semakin berkembang. Kualitas gambar yang baik dengan teknologi CGI super canggih semakin membuat suatu animasi terlihat lebih nyata dan menarik.

Seperti tak habis ide, film animasi selalu menyajikan kisah-kisah menarik yang sayang untuk dilewatkan. Namun meski ada beragam animasi dengan berbagai genre, ada juga lho animasi yang punya kemiripan. Beberapa animasi ini juga telah populer dan berasal dari rumah produksi besar di Hollywood.

Sebenarnya, kesamaan film animasi dari segi tokoh, tempat, dan peristiwa tidak selalu dimaknai plagiat. Sebab bisa saja memang ada kebetulan dengan cerita yang hanya mirip, namun tidak sama persis. Penggemar animasi juga kerap menemukan berbagai kemiripan antara animasi satu dan animasi lainnya.

Penasaran apa saja animasi yang punya kemiripan? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (14/1), berikut 7 animasi yang punya kemiripan.

1. Madagascar dan The Wild.

Loading...

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imbd.com

Dari posternya saja, kita sudah bisa menemukan persamaan dalam film animasi berikut. Baik Madagascar dan The Wild sama-sama menggunakan karakter hewan-hewan dan tokoh utamanya adalah singa.

Nah, persamaan lainnya adalah cerita awalnya yang sama-sama mengisahkan tentang hewan-hewan yang berusaha kabur dari kebun binatang dan pergi ke alam liar.

Namun bedanya, dalam Madagascar, mereka pergi tanpa rencana dan tersesat hingga ke Madagascar, Afrika. Sedangkan pada film The Wild, mereka memang sengaja pergi untuk menyelamatkan dan membawa pulang sang anak singa. Film Madagascar sendiri diproduksi oleh Dreamworks sedangkan The Wild diproduksi oleh Disney.

2. Finding Nemo dan Shark Tale.

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imbd.com

Masih diproduksi oleh Disney Pixar dan Dreamworks, kali ini banyak penggemar animasi yang merasa bahwa Shark Tale sebenarnya meniru konsep dari Finding Nemo. Sebab kala itu, Shark Tale rilis setelah Finding Nemo mendapatkan kesuksesan besar.

Sama-sama mengambil kisah dari para ikan-ikan, Finding Nemo dan Shark Tale sebenarnya hanya mirip saja, sebab keseluruhan ceritanya berbeda.

Finding Nemo mengisahkan ikan badut yang berusaha menemukan anaknya bernama Nemo. Sedangkan Shark Tale mengisahkan ikan kecil bernama Oscar yang mengaku-ngaku bisa membunuh hiu seorang diri.

3. A Bugs Life dan Antz.

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imbd.com

A Bugs Life dan Antz juga dinilai memiliki kisah yang mirip. Kedua film animasi ini berpusat cerita pada karakter semut yang sering diremehkan dan dianggap aneh.

Namun di balik itu semua, dua karakater semut ini juga sama-sama dikisahkan memiliki ide-ide cemerlang yang sering ditolak. Namun mereka tetap menghasilkan alat-alat yang mempermudah pekerjaan para koloni semut.

4. Frozen dan Rise Of The Guardians.

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imbd.com

Sama-sama menjadi film animasi yang sukses dan mendapatkan penghargaan sebagai animasi terbaik di masanya. Film Frozen dan Rise Of The Guardians memiliki persamaan dalam tokoh utamanya yang sama-sama memiliki kekuatan untuk mengendalikan es.

Pada film Frozen, Elsa adalah seorang putri yang sejak kecil memiliki kekuatan. Mulanya Elsa merasa takut dengan kekuatannya. Sedangkan Jack Frost di film Rise Of The Guardians adalah manusia biasa yang meninggal di es dan hidup sebagai malaikat. Kekuatannya juga hampir sama dengan Elsa, yakni berkaitan dengan es, embun beku, dan salju.

Karena kepopuleran kedua tokoh ini, banyak para penggemar yang merasa keduanya sangat mirip dan berandai-andai jika keduanya layak menjadi pasangan kekasih.

5. How To Train Your Dragon dan Brave.

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Dinilai punya konsep yang sama, How To Train Your Dragon dan Brave sama-sama memilih kisah bangsa viking dan tokoh utamanya yang merupakan anak dari penguasa di suku.

Namun bedanya, How To Train Your Dragon mengisahkan karakter bernama Hiccub, viking yang tidak bisa membunuh naga, namun bisa mengendalikannya sebagai teman. Sedangkan Brave mengangkat kisah tokoh bernama Merida, seorang putri yang ingin mematahkan sihir yang menimpa ibunya.

6. Up dan What's Up Balloon to The Rescue.

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Sama-sama rilis pada tahun tahun 2009, kedua film ini juga memiliki dalam hal tokoh kakek dan rumah yang diterbangkan balon. Namun untuk jalan cerita memang memiliki perbedaan, film Up mengisahkan tentang seorang kakek yang berusaha menepati janjinya pada mendiang istri dan menerbangkan rumahnya sampai ke dekat air terjun.

Sedangkan film What's Up Balloon to The Rescue mengisahkan seorang kakek yang juga merupakan ilmuwan. Ia ingin menerbangkan rumahnya untuk berkeliling dunia sambil menolong orang-orang yang memerlukan bantuan.

7. Coco dan The Book of Life.

Film animasi punya kemiripan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi Coco dan The Book of Life juga dinilai mirip dari segi penampilan karakternya. Kedua film ini juga menampilkan gitar sebagai salah satu alat musik yang ikonik.

Selain itu, baik Coco maupun The Book of Life juga menyisipkan lagu-lagu di pertengahan scene dengan pesan untuk bernyanyi dari hati. Film Coco sendiri diproduksi oleh Disney Pixar, sedangkan The Book of Life diproduksi oleh Reel FX Creative Studio yang didistribusikan oleh 20th Century Fox.

Reporter: Deta Jauda Najmah