Brilio.net - Film animasi memang digemari berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, film animasi juga bisa menjadi tontonan bagi orang dewasa. Ceritanya yang mengusung banyak genre dengan gaya khasnya, menjadikan film animasi tetap populer hingga saat ini. Bahkan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, kualitas film animasi pun terus berkembang. Sehingga semakin menarik untuk disaksikan.

Salah satu rumah produksi yang terus menghasilkan film-film animasi adalah Pixar Animation Studios. Berdiri sejak tahun 1986, Pixar meraih kesuksesan atas salah satu karyanya yakni Toy Story. Untuk saat ini, Pixar telah diakuisisi oleh Disney dan terlibat dalam projek film-film animasi lainnya.

Beberapa film animasi yang dikerjakan Pixar juga berhasil mendapatkan jumlah penonton yang fantastis hingga penghargaan didunia perfilman Hollywood. Nah, jika kamu juga penggemar animasi, ada beberapa rekomendasi film Pixar yang bisa kamu tonton. Film animasi ini juga tidak akan membuatmu bosan, meski ditonton ulang. Bahkan nggak jarang yang bikin emosi penonton ikut terhanyut, baik merasa terharu hingga bahagia tertawa.

Apa saja? Berikut lima belas film animasi Pixar terbaik sepanjang masa yang dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (11/1).

1. Toy Story.

Loading...

foto: imdb.com

Menjadi animasi pertama yang dikerjakan Pixar, Toy Story berpusat cerita pada tokoh Woody, mainan anak-anak yang menyerupai koboi. Woody dan mainan lainnya hidup dan berbicara layaknya manusia. Mereka selalu bahagia jika sering dimainkan oleh pemiliknya.

Point dalam film ini pada awalnya bertujuan mengajarkan anak-anak untuk menyayangi dan merawat mainannya dengan baik. Sejak rilis pada tahun 1995, film Toy Story berhasil mengantarkan Pixar menuju kesuksesan. Kisah Woody dan kawan-kawannya pun tetap berjalan hingga Toy Story 4 yang rilis pada 2019 lalu.

2. A Bug's Life.

foto: flixwatch.co

Setelah Toy Story, Pixar memulai produksi film animasi keduanya yakni A Bug's Life. Meski tidak sepopuler film pendahulunya, film A Bug's Life ini dinilai menjadi salah satu film Pixar yang layak untuk ditonton. Berpusat cerita pada tokoh semut bernama Flix, ia berbakat dalam mencipatakan penemuan baru dan alat-alat yang praktis. Namun karena berbeda, Flix lebih sering dikucilkan oleh koloni semut lainnya.

3. Monster Inch.

foto: imdb.com

Monster Inch mengisahkan tentang dua orang monster bernama Sulley dan Mike. Mereka secara ajaib bertemu dengan seorang gadis kecil yang masuk ke dunia monster. Tak ingin terjadi sesuatu yang berbahaya, mereka pun berusaha mengembalikan si gadis kecil ke dunianya.

4. Finding Nemo.

foto: imdb.com

Finding Nemo menjadi animasi Pixar yang beberapa kali tayang di televisi Indonesia. Film ini mengisahkan tentang ikan badut Nemo yang tertangkap manusia dan dipelihara dalam aquarium. Ayahnya yang sangat khawatir akhirnya memutuskan untuk mencari Nemo. Ia ditemani oleh ikan pelupa bernama Dory.

5. The Incredibles.

foto: imdb.com

Jika kamu penggemar animasi super hero, film The Incredibles dari Pixar ini juga layak untuk ditonton. Mengisahkan satu keluarga yang memiliki kekuatan super yang berbeda-beda, film ini menyajikan aksi-aksi yang seru. Rilis perdana pada 2004, film The Incredibles dibuatkan sekuelnya yang tayang pada 2018 lalu.

2 dari 3 halaman

6. Cars.

foto: imdb.com

Cars menjadi salah satu animasi Pixar yang berhasil menjadi film box office dan meraih jumlah penonton yang fantastis. Film ini mengisahkan tentang Lightning McQueen dalam menghadapi setiap balapannya yang seru. Film Cars yang rilis pada 2006 ini juga dilanjutkan oleh Cars 2 tayang tahun 2011, dan Cars 3 yang tayang pada tahun 2017.

7. Ratatouille.

foto: imdb.com

Ratatouille mengisahkan tentang seekor tikus yang pandai memasak dan ingin menjadi chef terkenal. Meski terdengar aneh, ia membantu koki amatir yang bekerja di salah satu restoran terkenal. Film ini juga berlatar tempat di Kota Paris. Kesuksesan Film Ratatouille dibuktikan dengan terpilihnya sebagai pemenang Piala Oscar sebagai Best Animated Feature.

8. Wall-E.

foto: imdb.com

Film Wall-E merupakan salah satu film Pixar yang dinilai punya pesan yang mengharukan. Film ini juga berangkat dari tema unik yakni kehidupan di masa depan. Pixar menggambarkan bahwa Bumi sudah ditinggalkan oleh manusia karena berbagai sampah dan kerusakan yang ada disana. Hanya ada satu robot yang tinggal di Bumi dan begitu kesepian. Film ini juga kembali membuat Pixar membawa pulang Piala Oscar dengan kategori yang sama seperti Ratatouille, yakni Best Animated Feature.

9. Up.

foto: imdb.com

Pixar sepertinya selalu berhasil membuat para penonton terbawa suasana haru. Setelah Wall-E, Pixar merilis film Up yang tak kalah menarik. Film ini mengisahkan seorang kakek yang ingin mewujudkan keinginan mendiang istrinya, yakni memiliki rumah di Paradise Fall. Ia pun menerbangkan rumahnya menggunakan balon. Namun ada anak pramuka yang tak sengaja ikut dalam perjalanannya.

10. Brave.

foto: imdb.com

Selanjutnya ada film Brave yang juga mendapat sambutan baik oleh publik. Brave mengambil tema cerita kehidupan viking dengan tokoh utama bernama Merida. Ia merupakan seorang putri yang menyukai kebebasan dan pandai memanah. Merida merupakan Princess pertama Pixar sekaligus Princess kesebelasnya Disney.

3 dari 3 halaman

11. Monsters University.

foto imdb.com

Setelah muncul di Monster Inch, Sulley dan Mike kembali dalam film Monsters University. Film ini akan menjelaskan bagaimana awal mula kisah persahabatan Sulley dan Mike. Selain itu, ada karakter monster-monster lain yang juga mencuri perhatian.

12. Inside Out.

foto: imdb.com

Mengangkat tema yang unik, Inside Out juga menjadi film animasi Pixar yang sayang untuk dilewatkan. Film ini mengisahkan tentang karakter unik yang ada dalam pikiran manusia. Masing-masing dari mereka mengendalikan emosi dan tingkah laku manusia. Ada karakter yang gembira, senang, takut, dan marah.

13. The Good Dinosaurus.

foto: imdb.com

Mengambil latar waktu zaman purba, film The Good Dinosaurus mengisahkan tentang Dinosaurus yang tersesat dan jauh dari rumah. Ia terbawa arus hingga kebingungan untuk pulang. Selama perjalanan, ia berteman dengan anak manusia yang hidup sebatang kara. Mereka saling menyayangi dan melindungi satu sama lain.

14. Finding Dory.

foto: imdb.com

Setelah sukses dengan Finding Nemo, Pixar juga memproduksi film Finding Dory. Film ini akan menjawab semua pertanyaan tentang Dory yang belum sempat dijelaskan pada film Finding Nemo, baik asal usul dan sisi lain Dory.

15. Coco.

foto: imdb.com

Film animasi Coco yang tayang pada 2017 lalu menjadi film produksi Pixar yang dinilai paling sukses dari film-film pendahulunya. Mengisahkan tokoh Miguel yang masuk ke dunia orang mati, film ini meraih berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya adalah membawa pulang Piala Oscar untuk nominasi Best Animated Feature dan Best Original Song.

Reporter/Deta Jauda Najmah