Brilio.net - Warpaint, grup indie rock asal Amerika Serikat yang seluruh anggotanya cewek bakal tampil di di Parkir Selatan Senayan, Jakarta pada 17 Februari 2017.

Buat kamu yang mengidolakan kuartet yang terdiri dari Emily Kokal, Theresa Wayman, Jenny Lee Lindberg, dan Stella Mozgawa ini wajib nonton ya?

Nah sebelum menyaksikan penampilan grup ini, nggak ada salahnya kamu mengetahui beberapa fakta mengenai grup ini. Apa saja ya?

1. Perpaduan genre musik

Fakta Warpaint © 2017 brilio.netfoto: gigslutz.co.uk

Loading...

Warpaint memadukan art rock, dream pop, dan pyschedelic rock. Mereka sering dibandingkan dengan Cocteau Twins, Joni Mitchell, dan Siouxsie and the Banshees. Grup lain yang juga diasosiasikan dengan mereka adalah Kraftwerk, Public Image Ltd. Dan Depeche Mode.

2. Mini album

Fakta Warpaint © 2017 brilio.netfoto: floodmagazine

Debut mini album Warpaint bertajuk Exquisite Corpse dirilis pada 2008. Mantan gitaris Red Hot Chilli Peppers (RHCP), John Frusciante yang mengerjakan mixing dan master-nya. Gitaris RHCP yang sekarang Josh Klinghoffer mengisi drum dan gitar di EP tersebut.

3. Pendatang baru

Fakta Warpaint © 2017 brilio.netfoto: thesnipenews.com

Tahun 2010, mereka merilis album penuh perdana The Fool yang membawa mereka dinobatkan sebagai nomine untuk BBC’s Sound of 2011, ajang penghargaan bergengsi bagi pendatang baru.

4. Album keren

Fakta Warpaint © 2017 brilio.netfoto: mint-space.com

Tahun 2016, Warpaint merilis album ketiga bertajuk Heads Up. Album ini mendapat pujian dari news outlet indie terkemuka seperti AllMusic, Mojo, Consequence of Sound, dan Clash Music. Album bernuansa indietronica ini membuat mereka disebut terpengaruh Bjork, Janet Jackson, Kendrick Lamar, dan Outkast.

Stella Mozgawa mengatakan ritme drumnya memang 'sedikit mengajak berdansa' dan 'lebih cepat dari biasanya'. Vokalis Emily Kokal juga menambahkan, 'album ini lebih bergoyang, lebih cepat, dan lebih menyenangkan.'

5. Sibuk tur

Fakta Warpaint © 2017 brilio.netfoto: state.ie

Begitu merilis album, Warpaint langsung disibukkan tur ke Eropa dan Amerika Utara. Setelah menyelesaikan tur di Amerika Serikat pada Desember, mereka langsung disibukkan dengan perjalanan panjang di Australia dan Jepang. Mereka juga singgah di Jakarta lho.

6. Jawara festival bergengsi

Fakta Warpaint © 2017 brilio.netfoto: laweekly.com

Warpaint telah bermain di berbagai festival bergengsi seperti Summer Sundae, Bonnaroo, Glastonbury sampai Coachella Valley Music and Arts Festival. Sejak kemunculannya, Warpaint juga secara konsisten menghasilkan album bagus yang masuk ke dalam daftar album terbaik oleh media independen seperti Under the Radar maupun nama yang lebih established seperti NME dan Q Magazine.