Brilio.net - Pencinta musik mungkin sudah tidak asing dengan nama studio rekaman Abbey Road Studio. Studio rekaman yang terletak di St John's Wood, Westminster, Inggris ini memang sangat legendaris di kalangan musisi.

Studio yang didirikan perusahaan rekaman EMI pada 1993 ini pernah digunakan merekam album-album dari musisi legendaris dunia seperti, The Beatles, Rolling Stone, dan masih banyak lagi. Tak ayal jika studio ini menjadi studio rekaman paling terkenal di Britania Raya, bahkan dunia.

Ketenaran Abbey Road Studio yang legendaris membuat banyak musisi berlomba-lomba untuk merekam lagunya di sana. Tak terkecuali para musisi Tanah Air.

Beberapa band Indonesia juga sudah pernah menginjakkan kakinya di Abbey Road Studio. Siapa saja mereka? Berikut enam band Indonesia yang pernah rekaman Abbey Road Studio seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (29/9).

1. J-Rocks.

Loading...

6 Band Abbey Road © 2019 Instagram

foto: Instagram/@jrocks_instagram

Di antara beberapa musisi Indonesia yang pernah rekaman di Abby Road Studio, J-Rocks patut berbangga diri karena menjadi band Indonesia pertama yang rekaman di studio tersebut. Kesempatan langka ini didapatkan J-Rocks saat memenangkan salah satu ajang kompetisi bergengsi pada 2008.

Dari kesempatan ini, mereka berhasil menelurkan mini album bertajuk 'Road to Abbey'. Tak hanya itu, band yang didirikan pada 2003 ini juga merekonstruksi adegan legendaris The Beatles di Abbey Road pada sampul albumnya.

2. GIGI.

6 Band Abbey Road © 2019 Instagram

foto: Instagram/@gigibandofficial

Band Tanah Air kedua yang menginjakkan kakinya di Abbey Road Studio adalah GIGI. Band yang digawangi Armand Maulana ini merekam album yang dibertajuk 'Live at Abbey Road' dan dirilis pada 2014.

Perilisan album spesial ini sekaligus menandai perjalanan musik mereka yang memasuki tahun ke-20. Selain itu, album ini juga menjadi album termahal yang pernah dijual GIGI.

3. /rif.

6 Band Abbey Road © 2019 Instagram

foto: Instagram/@rifband.official

Selain GIGI, band era 90-an lainnya yang melakukan rekaman di Abbey Road Studio adalah /rif. Hal ini dilakukan band rock asal Bandung itu untuk menyambut ulang tahun yang ke-21 pada 2015.

Tak hanya melakukan rekaman, /rif juga memasarkan lagu-lagu tersebut di Eropa dan Amerika. Semua ini dilakukan untuk mewujudkan keinginan mereka sejak dulu yaitu menembus pasar internasional.

4. Indische Party.

6 Band Abbey Road © 2019 Instagram

foto: Instagram/@indischeparty

Nggak cuma band-band major label, band indie Tanah Air juga sudah menginjakkan kakinya di Abbey Road Studio. Mereka adalah Indische Party. Band indie asal Jakarta ini berhasil merekam beberapa lagu pada 2015 lalu setelah memenangkan ajang kompetisi Converse Rubber Track.

5. Maliq & D'Essentials.

Pada awal September lalu, giliran Maliq & D'Essentials yang melakukan rekaman di Abbey Road Studio. Maliq & D'Essentials rekaman di studio legendaris ini untuk merayakan ulang tahunnya ke-17.

Band asal Jakarta ini merekam ulang beberapa lagu pilihan dari album pertama sampai album ke-7. Hasil rekaman ini dirilis dalam bentuk album DVD bertajuk MALIQ & D'Essentials: Essentials Hits Recorded Live in London.

6. D'masiv.

6 Band Abbey Road © 2019 Instagram

foto: Instagram/@rianekkypradipta

Nah, baru-baru ini D'Masiv juga melakukan rekaman di Abbey Road Studio. Band yang digawangi Rian ini berhasil merekam ulang 20 lagu hits D'Masiv yang terdiri dari 10 lagu elektrik dan 10 lagu versi akustik.

Nantinya album rekaman D'Masiv di Abbey Road ini akan dirilis bertepatan dengan ulang tahun ke-17 pada 3 Maret 2020 mendatang. Album ini akan menjadi kado yang tepat bagi D'Masiv dan para penggemarnya.