Brilio.net - Musik adalah salah satu wahana hiburan kita sehari-hari. Selain itu, musik juga bisa jadi teman kita untuk menemani hampir semua kegiatan kita setiap hari. Dengan mendengarkan musik, kita jadi bisa menikmati berbagai alunan musik tergantung jenis dan genre sesuai selera kita.

Di era modern ini, musik tak hanya dinikmati dengan cara didengarkan saja. Lagu-lagu yang diciptakan oleh para musisi turut pula diproduksi dalam bentuk audio visual yang disebut sebagai video musik. Dalam video musik, kita bisa menemui pengalaman menikmati lagu disertai gambaran visual dari isi cerita, ataupun ilustrasi dari isi lagu tersebut.

Salah satu konsep yang menarik dalam musik video (MV) adalah sosial eksperimen. Konsep tersebut merupakan sebuah proyek yang mengundang beberapa responden untuk diuji, dikulik, diajak bercerita, atau dipantau reaksinya untuk sebuah tujuan tertentu. Jadi, video musik diproduksi dengan mengajak para pemeran yang bukan merupakan aktor, melainkan warga biasa yang sesuai dengan kebutuhan sosial eksperimen tersebut.

Penasaran apa saja usik video apa saja yang mengusung konsep sosial eksperimen? Dirangkum brilio.net pada Minggu (31/7) ini 7 video musik yang mengusung konsep eksperimen sosial.

(brl/lea)