Brilio.net - Eksperimen sosial kerap menggunakan manusia sebagai objek penelitiannya. Ini mengamati perilaku di masyarakat. Tujuannya tentu untuk menemukan solusi suatu permasalahan setelah melakukan amatan. Dewasa ini, siapapun bisa menjadi peneliti sosial. Di kanal YouTube banyak ditemukan.

Tapi siapa sangka kalau eksperimen sosial bisa begitu membahayakan nyawa manusia. Berikut ini misalnya, seperti dirilis dari ranker berikut dengan foto-fotonya, Minggu (30/10).

1. Stanford Prison Experiment

sosial eksperimen © 2016 brilio.net

Dalam percobaan ini, mahasiswa dibagi menjadi dua grup, yaitu tahanan dan sipir. Para sipir ternyata bertindak sewenang-wenang. Ada tahanan yang tak terima dan melakukan perlawanan. Eksperimen ini dihentikan setelah adanya keberatan dari kerabat salah satu mahasiswa yang menjadi objek penelitian.

Loading...

2. Memberi pizza dan uang pada tunawisma

Karena tahu divideokan, seorang tunawisma yang diberi santunan justru tak terima. Dia marah-marah.

3. Konsumsi produk McD selama 30 hari penuh

sosial eksperimen © 2016 brilio.net

Morgan Spurlock adalah salah satu eksperimen sosial yang juga menghebohkan. Tiga kali sehari dia memakan produk McD selama satu bulan penuh. Lima hari pertama dia lesu, namun diteruskannya. Dua puluh hari berikutnya dia merasakan jantungnya berdebar-debar. Akibatnya, Spurlock menjadi gemuk. Butuh 5 bulan untuk menurunkan sebanyak 25 pon penambahan berat badannya itu.

4. Eksperimen Jejune Institute

sosial eksperimen © 2016 brilio.net

Jejune Institute adalah lembaga penelitian dari San Fransisco. Mereka pernah mengdakan penelitiaan untuk menemukan osilator kristal, yaitu peranti yang menghasilkan osilasi listrik. Kelvin Williams salah satu yang turut serta. Dia menemukannya di bawah sebuah rumah kecil. Akibatnya dia tersesat di saluran bawah tanah selama beberapa hari. Kisahnya ini diabadikan dalam film dokumenter The Institute (2013).

5. Eksperimen diet alkohol

sosial eksperimen © 2016 brilio.net

Pada 2014, seorang kontributor vice.com Jules Suzdaltsev mencoba melakukan diet. Dia tak mengonsumsi apapun kecuali minuman keras untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Selama satu minggu penuh program itu dijalaninya. Hasilnya, penglihatannya kabur dan ketika BAB mengeluarkan darah. Dia menyesali telah bersedia memenuhi tantangan ini. Hasil percobaan ini dipublikasikan laman tersebut pada 23 Juli 2014.

6. Mengasingkan diri di gua

sosial eksperimen © 2016 brilio.net

Ahli Speleologi (ilmu keguaan) Michel Siffre mencoba hidup di dalam gua. Pertama dia coba tinggal di bawah gletser selama beberapa bulan. Dia baik-baik saja. Berikutnya dia mengikuti Texas Cave Experiment. Perlahan dia menjadi aneh setelah membunuh tikus yang menjadi temannya selama di gua. Dia kehilangan banyak ingatan.