Brilio.net -  Penularan virus corona yang semakin meluas membuat banyak masyarakat mengantisipasinya dengan berbagai langkah sederhana. Seperti mencuci tangan, tidak bepergian keluar rumah, menjaga jarak dengan orang ketika bertemu, tidak bersalaman, dan menjaga daya tahan tubuh dengan meminum vitamin.

Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah untuk mencegah virus Covid-19 yang telah menyebar hingga berbagai belahan dunia. Bukan hanya pemerintah saja, musisi Indonesia pun mengajak masyarakat untuk aware dan peduli tentang kondisi yang saat ini terjadi.

Cara mereka tentu saja dengan membuat lagu. Tidak hanya mengajak masyarakat bersama-sama mencegah corona, mereka juga mendoakan agar tenaga medis dan aparat keamanan. Mengingat mereka ini lah yang menjadi garda terdepan dalam penanganan virus Covid-19 ini selalu diberikan kesehatan.

Nah siapa saja musisi tersebut? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber musisi yang ciptakan lagu untuk lawan corona, Sabtu (4/4). 

1. Sandy 'Canester'

Loading...
 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Semoga bisa menghibur kalian yg ada di rumah, dan buat yg berjuang di luar rumah kita doakan sehat terus di mudahkan rezekinya aamiin INDONESIA KUAT sehat dan #bahagiaterus @canesteria ¤ terimakasih energinya @yunishara36 @ulinyusron @andreopa @indrabekti @addiems999 @jflowrighthere @barrylikumahuwa @gustihendy @kikankikan @mydidan @fia_fiia @danielsamarkand @novitadewi_ @tomtom_utomo ¤ credit title: composed & music producer sandycanester vocals : sandycanester , yuni shara, andre opa sumual, kikan , jflow (RAP) , indra bekti, fia & daniel, novita dewi & alex acoustic guitar : sandycanester bass & loops : barry likumahua drums: hendy (GIGI) keyboard : @richard_transpose & sandycanester sound engineer & editing : @wahyu.flow video by Iman brotoseno #sandycanester #sc #dirumahaja #indonesiakuat

A post shared by SANDYCANESTER (@sandycanester) on

Penyanyi Sandy Canester menciptakan lagu berjudul "Di Rumah Aja". Lagu ini diciptakannya untuk mengajak masyarakat di Indonesia menaati imbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah demi melawan penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Ia juga mendoakan para tim medis hingga pihak keamanan yang menjadi gara terdepan dalam pencegahan virus tersebut. Berdurasi dua menit, lagu ini ia unggah melalui akun Instagram-nya.

2. Didi Kempot

Penyanyi yang dikenal dengan Godfather of the Broken Heart ini pun juga menciptakan lagu yang berjudul Tulung. Didi menyebutkan jika lagu ini bercerita tentang seseorang yang terluka karena asmaranya dan meminta bantuan kepada Tuhan. Namun, dibalik cerita tersebut ia pun ingin menyampaikan makna yang mendalam dengan pengertian yang lebih luas.

Ia ingin masyarakat Indonesia tetap beribadah dengan berdoa kepada Tuhan agar resah dan penderitaan yang tengah dialami saat ini segera berakhir. Hal ini berkaitan dengan wabah virus corona yang semakin meluas.

3. Badai 'Kerispatih'

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

*Solidaritas Bangsa Melawan Covid-19* Mari kita kibarkan Bendera Merah Putih di rumah kita sebagai tanda solidaritas bangsa melawan Covid-19. Kita tetap #DirumahAja #JagaJarak #JanganKopdar. Jaga fisik kita dengan tidak keluar rumah supaya tidak menulari atau ketularan Covid-19. Hanya dengan persatuan kita bisa membuat sirna virus jahanam ini. Lagu ini untuk seluruh elemen bangsa (tenaga medis, satpam, warga dan semuanya) yang tengah berjuang gotong royong melawan virus Corona. *Kuatlah Bangsaku* By: @_.badaithepianoman by @ulinyusron . Kuatlah bangsaku Jangan sekalipun menyerah Tegakkan kepalamu Ini semua kan berlalu Kita pasti bisa Kita pasti kuat lewati gelombang...ini Hanya Butuh satu hati yang bersatu Kuatlah Indonesiaku Reff Kuatlah bangsaku Jangan sekalipun menyerah Tegakkan kepalamu Ini semua kan berlalu Kita pasti bisa kita pasti kuat lewati gelombang...ini Hanya Butuh satu Hati yang bersatu Kuatlah Indonesiaku

A post shared by (@_.badaithepianoman) on

Himbauan pemerintah yang mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap di rumah ini membuat Badai mantan personel Kerispatih menciptakan lagu yang berdurasi 10 menit.

Lewat lagu berjudul Kuatkanlah Bangsaku, Badai ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berhenti mengeluh dan bekerja sama untuk mendukung para tenaga medis yang menjadi garda terdepan merawat pasien corona.

4. Project Pop

Virus corona yang semakin meluas membuat grup Project Pop menciptakan lagu yang berjudul Gara-gara Corona. Lagu ini merupakan lagu parodi dari Gara-gara Kahitna milik mereka yang telah populer dari beberapa waktu yang lalu.

Lagu yang dirilis pada Selasa (24/3) ini bercerita tentang keresahan masyarakat Indonesia dalam menghadapi virus corona. Grup musik ini pun juga mengajak masyarakat dengan mengedukasi dalam mengantisipasi agar tidak tertular virus tersebut.

5. Eka Gustiwana

Musisi Eka Gustiwana berkolaborasi dengan Yessiel Trivena juga menciptakan lagu untuk melawan Covid-19. Lagu ini menggambarkan perjuangan para petugas medis yang berada di garda terdepan dalam menangani virus corona.

Mereka mempertaruhkan nyawa dan waktu demi kesembuhan pasien yang teridentifikasi Covid-19. Lagu yang berjudul Demi Raga Lain ini bisa didengarkan melalui media sosial YouTube.