×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Ikon dangdut Indonesia dari masa ke masa, idolamu siapa?

View Image

0

BRILIO » Musik

12 Ikon dangdut Indonesia dari masa ke masa, idolamu siapa?

Mereka adalah penyanyi dangdut dengan suara emas.

04 / 11 / 2016

Brilio.net - Dangdut menjadi salah satu musik khas Indonesia yang semakin berkibar. Jika musik dangdut dulu sering dianggap kampungan, kini sudah berubah menjadi musik yang dinikmati semua kalangan. Regenerasi penyanyi pun terus berlanjut lewat berbagai ajang. Setiap masa pasti ada penyanyi yang sukses sehingga layak disebut sebagai ikon dangdut.

Lalu siapakah ikon dangdut dari masa ke masa? Berikut 12 ikon dangdut dari masa ke masa seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/11).

1. Muhammad Mashabi

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: KompromiNews.com

Loading...

Generasi dangdut saat ini pasti jarang yang mengenal nama ini. Padahal perannya dalam mengembangkan musik melayu di Indonesia cukup besar di era tahun 50-60-an. Bahkan, Muhammad Mashabi disebut-sebut sebagai perintis dangdut di Indonesia. Mashabi terkenal dengan musik dangdutnya yang lebih modern. Ia merombak musik melayu yang saklek dan kaku. Karyanya yang terkenal seperti Renungkanlah, Kecewa yang dipopulerkan Iis Dahlia, dan Ratapan Anak Tiri.

2. Elya Khadam

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: liriklagubangboim.blogspot.com

Kamu tentu masih ingat dengan lagu dangdut Boneka dari India kan? Ya, itu merupakan salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Elya Khadam. Elya merupakan salah satu ikon dangdut tahun 50-60-an bersama Muhammad Mashabi, Said Effendi, dan Husein Bawafie.

Elya yang lahir di Jakarta, 25 November 1928 ini hingga tua masih aktif bermusik dangdut. Ia terus berkarier di dunia musik hingga beberapa bulan menjelang meninggalnya pada 2009 saat berumur 80 tahun.

3. Rhoma Irama

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Kalau diminta menyebut legenda dangdut, pasti yang disebut pertama adalah Rhonma Irama. Generasi penerus Muhammad Mashabi dan Elya Khadam ini memang sangat aktif mencipta lagu. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak lagu yang diciptakan pria kelahiran 1946 ini. Hingga ia pun dinobatkan sebagai Raja Dangdut Indonesia. Di antara banyak lagunya, lagu Darah Muda, Begadang, Perjuangan dan Doa, Gitar Tua, dan Mirasantika menjaid lagu yang sangat populer hingga kini.

4. Elvy Sukaesih

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Kalau Raja Dangdut Rhoma Irama, Ratu Dangdutnya adalah Elvy Sukaesih. Ia merupakan penyanyi dangdut legendaris yang sudah menyanyikan banyak lagu. Di antaranya Gula-Gula, Pesta Panen, dan Bisik-Bisik Tetangga.

5. Meggie Z

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: dangdutterbaru.blogspot.co.id

Kamu ingat lagu dangdut Jatuh Bangun? Ya, itu adalah lagu dangdut legendaris yang dibawakan oleh Meggie Z. Sampai sekarang lagu itu masih kerap dinyanyikan di ajang pencarian bakat lagu dangdut. Sudah lebih dari 100 koleksi lagu yang dinyanyikan Meggie Z. Di antaranya Lebih Baik Sakit Gigi, Benang Biru, dan Terlanjur Basah.

6. Rita Sugiarto

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: youtube.com

Tak ada yang meragukan lagi suara penyanyi dangdut ini. Hingga sekarang ia masuk usia 51 tahun, suaranya masih menggelegar dan cengkoknya masih terjaga. Maka tak heran jika banyak penyanyi muda dangdut yang mengidolakan Bunda Rita. Ia pun sering muncul sebagai juri di berbagai ajang musik dangdut.

7. Mansyur S

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: mp3lagulengkap.blogspot.co.id

Bicara dangdut, kiprah penyanyi Mansyur S tak boleh ditinggal. Lewat album Pesan Perpisahan pada tahun 1969, namanya mencuat di dunia musik dangdut. Gaya dan suara merdunya yang khas tak bisa tergantikan. Hingga kini, sekitar 16 album sudah pernah ia keluarkan.

8. Iis Dahlia

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: Instagram.com/@isdadahlia

Tahun 90-an hingga 2000-an menjadi masa keemasan Iis Dahlia. Lagu Iis yang terkenal antara lain, Tamu Tak Diundang, Payung Hitam, Cinta Bukanlah Kapal, Seroja. Kariernya yang cemerlang di dunia dangdut kala itu membuatnya pantas menduduki kursi juri di ajang menyanyi dangdut di Indonesia sekarang.

9. Ikke Nurjanah

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: Instagram.com/@ikkenurjanah0518

Bisa dibilang kalau karier Ikke Nurjajanah 11-12 dengan karier Iis Dahlia. Hanya beda usia 2 tahun, karier mereka berdua sukses di waktu yang hampir bersamaan. Lagu-lagu Ikke pun mudah dihafal, seperti Birunya Rindu dan Memandangmu.

10. Inul Daratista

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: Instagram.com/@inul.d

Perjalanan karier Inul yang sangat mengesankan, memulai dari pangung ke panggung, membuat banyak orang salut dengan penganyi yang satu ini. Tentu semua masih ingat gimana Inul dulu menjadi kontroversi karena goyang ngebornya dianggap tak pantas. Kini, ia pun dianggap punya pengaruh di industri musik dangdut hingga menjadi juri di salah satu ajang menyanyi dangdut Indonesia bersama Iis Dahlia.

11. Nassar

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: Instagram.com/kingnassar88

Nassar menjadi salah satu jebolan ajang pencarian bakat yang sukses. Di luar kontroversi kehidupan dan penampilannya yang selalu jadi bahan perbincangan, harus diakui kalau kualitas vokal Nassar memang keren. Nggak heran jika ia juga ditunjuk jadi salah satu pelatih vokal ajang pencarian bakat penyanyi dangdut.

12. Ayu Ting Ting

ikon dangdut © 2016 brilio.net

foto: Instagram.com/ayutingting92

Artis yang satu ini memang penuh sensasi. Tak cuma modal sensasi, ia juga membuktikan kalau mampu menjadi penyanyi dangdut yang patut diperhitungkan. Lagunya yang berjudul Alamat Palsu dan Sambalado berhasil memberikan warna tersendiri di industri dangdut. Ia pun kerap menerima penghargaan dalam nominasi penyanyi dangdut wanita.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more