Brilio.net - Bukan rahasia lagi, YouTube sudah menjadi salah satu platform berbagi video terbesar di dunia. Platform ini khususnya seolah sudah menjadi wadah tersendiri untuk masyarakat dalam berbagi berbagai hal. Di Indonesia sendiri sejak beberapa waktu terakhir, YouTube bahkan telah berhasil menghadirkan selebriti-selebriti baru.

Nah pada di penghujung akhir tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, YouTube Indonesia kembali merilis daftar-daftar video terpopuler sepanjang tahun dalam tajuk YouTube Rewind 2018. YouTube Rewind memang biasanya dilakukan untuk mengumpulkan video apa saja yang populer pada tahun tersebut.

youtube 2018 © 2018 brilio.net

Dilansir brilio.net dari laman Antara, video-video itu terdiri dari video edukasi sekaligus hiburan khusus anak, lagu-lagu yang dibawakan oleh para kontestan ajang pencarian bakat, hingga cover lagu dar musisi lokal Tanah Air. Berikut 10 daftar video yang menepati posisi teratas di YouTube tahun ini.

1. Audisi Indonesian Idol Junior dari Nashwa Zahira.

Loading...

2. Never Enough oleh Maria di Spekta Show Top 7 Indonesian Idol 2018.

3. OST. DILAN 1990 - Dulu Kita Masih SMA - Luthfi Aulia feat. Adinda.

4. Cerita Kanak Kanak Islam | Omar & Hana | Episod Istimewa | Jom Berkelah

5. Marion Jola - HAVANA - ELIMINATION Indonesian Idol 2018.

6. Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran. Iklan Ramadan Ramayana.

7. BoBoiBoy Galaxy - Season 1 Finale EP24 | Sinaran Penamat - (ENG Subtitle).

8. SENAM DOMIKADO - TERIMA KASIH BUAT 10 JUTA.

9. Jaran Goyang - Odong odong Karawang Singa Dangdut MAHAPUTRI 25 Januari 2018.

10. Tayo Bahasa Indonesia - Teman Baru Kita Gani - Hana dan Gani - Aku Ingin Pergi Piknik.

Selain daftar 10 video tersebut, beberapa nama band dan penyanyi dangdut Tanah Air juga mendominasi untuk kategori musik. Posisi pertama didominasi oleh 'Lagu Syantik' yang dipopulerkan oleh Siti Badriah. Kemudian disusul oleh Via Vallen dengan lagu 'tema Asian Games 2018'.

Selanjutkan Parodi 'Konco Mesra-Nella Kharisma' yang dibawakan Fauzan on Tube. Video oleh salah satu band ternama yakni Wali dengan video 'Bocah Ngapa Yak'. 'Menunggu Kamu' dari Anji menduduki posisi berikutnya dan disusul duet dari penyanyi muda Arsyi Widianto dan Brisia Jodie ' Dengan Caraku'.

Kolaborasi antara Young Lex feat Masgib 'Nyeselkan', diikuti 'Fake Love' dari grup K-Pop BTS, video Marion Jola feat Rayi Putra 'Jangan', dan terakhir adalah 'DDU-DU DDU-DU' milik Blackpink.