Brilio.net - Jika kamu membeli air mineral dalam botol plastik atau mineral galon, coba kamu cermati simbol yang tertulis di bagian bawahnya. Simbol tersebut berbentuk segitiga dengan angka di dalamnya. Perbedaan angka pada simbol tersebut mempunyai makna tersendiri.

Selain itu, simbol tersebut juga memberikan peringatan berapa kali kamu harus menggunakan plastik tersebut. Berikut adalah makna tanda pada plastik dan artinya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

Tipe 1: Polyethylene Terephthalate (PET)

Biasanya dilambangkan dengan nomor 1. Plastik dengan bahan ini biasanya berwarna transparan. Biasanya pembungkus dari plastik berbahan PET digunakan pada gelas jus, botol air mineral, dan minumann lainnya.

Untuk botol dengan simbol seperti hanya boleh dipakai satu kali, kemudian harus dibuang. Terlebih lagi, jangan memasukkan air panas ke dalam botol dengan logo nomor satu karena lapisan polimernya bisa menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

Loading...

2. Tipe 2: High Density Polyethylene (HDPE)

Plastik nomor dua bisa kamu temui pada kemasan sampo, susu, atau galon air. Karakter dari bahan HDPE adalah kuat, keras, dan tahan dengan suhu tinggi. Meskipun mampu menahan suhu tinggi, penggunaan dari plastik ini disarankan hanya sekali. Alasannya adalah senyawa antimoni trioksida bisa meningkat seiring dengan penggunaannya.

3. Tipe 3: Polyvinyl Chloride (PVC)

Plastik dengan bahan ini sangat sulit untuk didaur ulang. Selain itu, jangan mengemas makanan pada plastik jenis ini karena reaksi kimia antara PVC dan makanan mengakibatkan risiko terhadap ginjal dan hati. Karakter dari plastik jenis ini adalah keras, kaku, dan tembus pandang.

4. Tipe 4: Low Density Polyethylene (LDPE)

Jika kamu ingin menyimpan makanan, sebaiknya menggunakan wadah yang terbuat dari plastik jenis LDPE. Alasannya adalah bahan ini mampu menahan reaksi bahan kimia dan makanan yang kamu simpan. Jadi, sifatnya aman. Selain itu, wadah plastik dengan logo nomor empat ini bisa digunakan beberapa kali.

5. Tipe 5: Polypropylene (PP)

Ciri dari plastik dengan logo ini keras tetapi lentur. Selain itu, plastik berbahan PP merupakan plastik dengan kualitas terbaik. Pasalnya, bahan ini mempunyai ketahanan terhadap suhu tinggi. Jadi, supaya lebih aman, tempat makan atau botol minumanmu lebih baik terbuat dari plastik jenis PP, apalagi untuk botol minum bayi.

6. Tipe 6: Polystyrene (PS)

Plastik jenis ini biasanya menjadi bahan dasar styrofoam. Banyak orang yang membungkus makanan dengan styrofoam, padahal wadah ini sangat berbahaya. Efek dari bahan ini bisa mengakibatkan gangguan otak. Selain itu, styrofoam juga sangat susah untuk didaur ulang.

7. Tipe 7: Lainnya

Benda-benda yang terbuat dari plastik jenis ini biasanya untuk keperluan rumah tangga, alat eletronik, dan suku cadang mobil. Penggunaan plastik ini untuk mengemas makanan atau minuman sebaiknya dihindari. Alasannya adalah plastik dengan berbahan ini bisa mengakibatkan ketidaksuburan dan hiperaktif.