Brilio.net - Olahraga lari lagi happening nih sekarang. Selain karena kamu nggak perlu mengeluarkan biaya, kamu bisa melakukan olahraga ini dimana saja. Makanya nggak heran kan, sekarang banyak banget komunitas-komunitas lari yang terbentuk. Kalau kamu perhatikan di media sosial, banyak juga tuh yang sering posting status dan foto kalau udah berlari sekian kilo dengan aplikasi penghitung seperti Nike Run, dll.

Tapi buat kamu cewek-cewek, ada kabar buruk nih. Hobi lari bisa mengganggu siklus menstruasi kamu lho. Serius?

Siklus mesntruasi seorang perempuan yang normal rata-rata berada pada siklus 28 hari. Ini berarti 28 hari di antara hari pertama menstruasi dan hari pertama periode menstruasi berikutnya. Sikuls antara 24-31 hari juga masih dapat dikatakan sikluas mentruasi normal. Jika siklus menstruasimu tidak teratur, itu artinya ada yang salah dalam tubuhmu.

"Salah satu hal yang dapat mengganggu siklus menstruasi adalah terlalu sering berlari," kata Veronica Lerner MD, asisten profesor obstetri dan ginekologi dari New York University langone Medical Center, Amerika Serikat, seperti dilansir brilio.net dari laman Health.com, Selasa (24/3).

Menurut Lerner, berita mengenai para pelari marathon wanita yang rata-rata memiliki gangguan bahkan kehilangan siklus menstruasinya adalah fakta. Kombinasi antara latihan yang terlalu keras dengan lemak tubuh yang rendah pada akhirnya membuat tubuh mengalami stres, sehingga menstimulasi otak untuk memproduksi hormon reproduksi.

"Perempuan tak bisa mengandung pada saat dia berada di bawah kondisi yang sangat stres, sehingga tubuh secara temporer menghentikan produksi hormon fertilitas," tambah Lerner lagi.

Wah, mesti dikurangi nih olahraga larinya, girls!