Brilio.net - Dulu waktu masih kecil, kita pasti sering dimarahi oleh orangtua karena terlalu lama menonton TV. Katanya televisi itu cuma bikin kita jadi malas belajar. Dan yang paling buruk, kebiasaan nonton TV bikin kemampuan otak jadi menurun. Hii...

Tapi tahu nggak sih, doktrin-doktrin itu sebenarnya salah besar lho. Anak-anak yang menonton televisi tiga jam bahkan lebih dalam sehari tenyata memiliki kemampuan akademik lebih tinggi ketimbang anak-anak yang menonton TV kurang dari satu jam setiap harinya. Kontradiktif banget kan?

Riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of London ini mengatakan bahwa menonton televisi sangat membantu anak-anak belajar mengenai kosa kata yang lebih luas ketimbang yang dia peroleh di rumah.

Menurut Dr Allice Sullivan, akademisi senir di Institute of Education dari Universitas tersebut, seperti dilansir brilio.net dari situs Telegraph, Senin (6/4), menonton TV justru memiliki fungsi yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan kerja otak anak. penerapan jam makan dan tidur yang teratur, walaupun baik, tapi hanya membawa sedikit pengaruh terhadap nilai akademik.

Selain itu, kelas sosial dan pendidikan orang tua juga merupakan faktor yang cukup dominan yang menentukan seberapa baik seorang anak akan maju secara akademis. bahkan anak-anak dengan orangtua yang memiliki penghasilan baik memiliki kemampuan belajar yang lebih cepat satu tahun dibandingkan dengan orangtua yang bekerja di sektor informal.

Hasil riset yang dipublikasikan dalam jurnal Sosiology ini mengambil data dari sebelas ribu anak-anak di Inggris berusia tujuh tahun yang diamati perkembangannya sejak mereka lahir ke dunia. Hmm, tapi mesti diperhatikan tontonannya juga kali yah...