Brilio.net - Musim sedang tak menentu bikin kamu mudah terserang flu. Selain persiapan vitamin C dan rajin-rajin cuci tangan sebelum dan atau sesudah beraktivitas, ternyata juga ada cara ampuh untuk mencegah kamu terserang virus atau bakteri yang menyebabkan sakit flu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur tidur kurang dari enam jam per malam memiliki kemungkinan 4,5 kali mengalami flu ketimbang yang tidur cukup sekitar tujuh jam. Penelitian menyebutkan bahwa tidur cukup bisa membantu sistem kekebalan tubuh kamu lebih cepat mengenali dan bereaksi terhadap virus dan bakteri yang menyerang.

Dilansir brilio.net dari SHAPE, Kamis (22/10), sistem kekebalan tubuh kamu memiliki kemampuan 'mengingat' bakteri atau virus yang pernah menyerang sebelumnya, sehingga ke depannya bisa mengenali dan mengatasi lebih cepat ketika ada serangan jenis yang sama. Nah, kalau kamu kurang tidur, maka bisa merusak kemampuan sistem kekebalan tubuhmu itu.

"Tidur adalah perawat alami," kata Wayne Scott Andersen, seorang pakar kesehatan untuk situs kesehatan Take Shape For Life yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat.

Jadi, tidur adalah cara untuk memulihkan fungsi organ, menstabilkan ketidakseimbangan kimia, menyegarkan area otak yang mengontrol suasana hati dan perilaku, dan meningkatkan kinerja tubuhmu.

Loading...

Perlu kamu sadari juga, sekalipun flu terbilang sakit ringan, tetap saja bisa menyebabkan kamu mengalami penurunan produktivitas kerja dan bikin malas berolahraga atau beraktivitas lainnya. Sakit flu juga bikin kamu semakin sulit tidur, sampai akhirnya merusak suasana hatimu sehingga memengaruhi cara kamu menilai sesuatu, bahkan gesekan saat berinteraksi bisa saja terjadi.

Jadi, sebelum benar-benar terkena flu atau gangguan kesehatan lainnya, tidur yang cukup ya guys. Kesehatanmu lho!