Brilio.net - Bagi sebagian besar masyarakat awam, yang kita tahu adalah radiasi bisa berdampak tidak baik terhadap tubuh. Tetapi siapa sangka kalau ternyata radiasi juga memiliki manfaat yang positif.

"Radiasi memiliki peran yang positif dalam proses diagnostik, untuk foto rontgent misalnya," tutur dr. Prasasti Purnandhiah saat ditemui brilio.net, Rabu (16/9). Lebih jauh lagi, dokter yang sudah memulai karier sejak 2008 ini juga menambahkan bahwa radiasi justru malah bisa digunakan untuk membunuh sel kanker.

"Untuk sel kanker yang bersifat radiosensitif dan masih dalam tahap stadium dini, radiasi bisa dimanfaatkan untuk membunuh sel kanker tersebut," jelas dokter yang sedang menempuh program spesialis di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta.

Asalkan dosis dan pemanfaatannya tepat, maka radiasi tidaklah terlalu berdampak negatif terhadap tubuh. Justru, dengan adanya dosis dan pemakaian yang tepat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari radiasi. Utamanya dalam praktik dunia kedokteran.

Bagi ibu hamil, utamanya pada kehamilan trimester pertama dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindari adanya paparan radiasi. Karena, pada fase tersebut adalah saat-saat yang penting untuk pembentukan organ janin. Paparan radiasi bisa berdampak pada proses pembentukan gen dan berakibat adanya cacat pada bayi.

Tak sepenuhnya negatif, radiasi juga memiliki manfaat positif lho

dr Prasasti Purnandhiah.


Efek samping lain dari adanya radiasi yang selama ini banyak diketahui dan ditakutkan oleh masyarakat awam adalah terjadinya kemandulan. Padahal, tidak serta merta bisa mandul begitu saja ketika terpapar oleh radiasi.

"Jika daerah panggul sering terpapar radiasi secara intens barulah bisa berdampak pada kemandulan," terang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Karena sebenarnya untuk dokter, staf ataupun pasien radiologi sudah ada standar operasional prosedur tersendiri untuk dosis dan aturan teknis dalam setiap proses treatment atau intervensi yang akan dilakukan. Untuk pasien misalnya, tak perlu takut dulu.

Dosis radiasi akan disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien. Selain itu penyinaran radiasi juga akan difokuskan hanya pada bagian yang diperiksa dengan mempersempit lapang penyinaran.

Jika masih merasa was-was dengan efek negatif pemaparan radiasi, tak perlu khawatir. Ada apron khusus yg terbuat dari timbal yang berfungsi sebagai penahan paparan radiasi yang disediakan untuk pasien sebagai bentuk perlindungan bila memang diperlukan.

Sekarang sudah lebih tahu tentang dampak dan manfaat radiasi kan guys. Jadi, jangan keburu parno duluan ya kalo denger istilah radiasi.