Brilio.net - Pernah nggak sih kamu merasa tengah malam kelaparan begitu? Apalagi kalau ditambah insomnia, bawaannya ingin segera ke dapur, buka kulkas ambil makanan atau ke dapur bikin mi instan. Hayo ngaku, bener kan?

Nah kalau kamu punya kebiasaan seperti ini atau hampir tiap malam dilakuin, duh hati-hati ya? Dikutip dari cctvnews, Senin (28/12), makan tengah malam bisa merusak memori otak yang menyebabkan pikun. Pikun di sini lebih ke susah mengingat obyek yang baru ditemui dan kemampuan mengenali orang menjadi berkurang.

Peneliti dari University of California, Los Angeles menguji teori ini pada sekelompok tikus. Tikus yang diberi makan pada saat jam tidur ternyata daya ingatnya menjadi berkurang. Tak hanya itu saja, memori jangka panjang mereka mulai terkikis sedikit demi sedikit.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan kurangnya kadar protein yang disebut CREB. Protein ini biasa diproduksi saat manusia sedang tidur. Namun jika jam tidur manusia berkurang dan ditambah dengan masuknya makanan bisa berakibat buruk pada kesehatan manusia.

Hayo, masih berani makan malam-malam atau tidak?