Brilio.net - Beda lidah beda rasa. Bisa jadi ungkapan itu benar soal bagaimana orang merasakan enaknya sebuah makanan. Selain harga dan jumlah porsi, rasa merupakan faktor utama dalam penilaian sebuah menu makanan. Rasa enak sebenarnya tidak selalu ditentukan oleh sang chef saja. Tetapi juga dipengaruhi cara makannya.

Agar makanan yang kamu cicipi rasanya lebih enak, cobalah lakukan ritual berikut ini sebelum menyantapnya, dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/5).

1. Gantilah warna sendok kamu

Sebuah penelitian dari Oxford menyebutkan bahwa sendok ternyata bisa memengaruhi cita rasa makanan. Riset ini digunakan untuk menguji rasa yogurt. Hasil dari riset menyebutkan bahwa ketika orang makan yogurt dengan sendok plastik bening, maka cita rasa yogurt menjadi lebih padat dan terasa mahal.

Hal ini sangat berbeda ketika seseorang makan yogurt berwarna pink dengan sendok plastik putih. Rasa yogurt menjadi lebih manis. Akan tetapi jika yogurt pink dimakan dengan sendok hitam, rasanya lebih manis dibandingkan dengan sendok warna putih. Jika ingin merasakan yogurt lebih asin, cobalah makan pakai tusuk gigi, garpu, atau pisau.

Loading...

2. Tontonlah aksi sang chef

Jika kamu berkesempatan untuk melihat bagaimana makanan diramu oleh sang koki, hal ini merupakan kesempatan bagus. Berdasarkan penelitian di Singapura, makanan akan lebih enak jika seseorang melihat behind the scene bagaimana sebuah menu diolah. Dalam riset tersebut, sang peneliti menggunakan rekaman video dan video game untuk menstimulasi para peserta penelitian.

3. Lokasi tempat makan

Suasana tempat makan ternyata memengaruhi citarasa makanan. Sebelum kamu menuju lokasi tempat makan, sebaiknya cermati dulu interior dan suasananya seperti apa. Berdasarkan penelitian dari Universitas Oxford, perbedaan lingkungan bisa memengaruhi rasa minuman anggur. Jadi, jangan lupa googling sebelum kamu makan di tempat yang dituju.

4. Makanlah perlahan

Sebuah studi dari Psychological Science menyebutkan bahwa perbedaan cara makan cokelat bisa memengaruhi rasanya. Jika kamu ingin mendapatkan rasa cokelat yang lebih enak, cobalah tips simpel berikut ini. Cobalah makan dengan membuka sebagian bungkus cokelat, dan makanlah. Lakukanlah sampai cokelat habis.

5. Usia memengaruhi selera

Tidak bisa dimungkiri bahwa usia ternyata memengaruhi bagaimana kamu merasakan enaknya makanan. Peneliti asal Jepang telah membuktikan hal ini dengan menguji pada tikus. Temuannya mengonfirmasikan bahwa tikus muda lebih menyukai rasa manis dan daging. Sedangkan tikus tua lebih suka yang gurih.