×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogja

View Image

0

BRILIO » Life

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogja

Salah satu pemandangan Monumen Jogja Kembali di malam hari. (foto: telusurindonesia.com)

Malam tahun baru bisa dinikmati di 10 titik di Kota Jogja.

28 / 12 / 2015

Brilio.net - Jogja, kota yang terkenal dengan wisatanya ini memang menjadi tujuan bagi wisatawan untuk menghabiskan akhir tahun. Banyak wisatawan dari luar kota yang berbondong-bondong memadati Jogja. Kamu salah satunya?

Nah, kamu nggak perlu bingung lagi mau pergi ke mana saat tahun baru tiba. Kali ini, Senin (28/12), brilio.net akan kasih tahu kamu spot paling hits untuk merayakan malam pergantian tahun.

1. KM 0

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: jalanjogja.com

Loading...

Kilometer Nol Jogja yang berada di perempatan antara Malioboro, Benteng Vredeburg dan Alun-alun Utara merupakan salah satu lokasi paling hits untuk merayakan tahun baru di Jogja. Tapi ingat ya, kamu harus datang jauh lebih awal kalau ingin mendapat tempat yang enak.

Biasanya Jalan Malioboro juga akan ditutup saat menjelang pergantian tahun karena akan ada pesta kembang api. "Km Nol ini biasanya kembang apinya banyak dan besar-besar. Tapi kalau udah selesai ya harus sabar karena biasanya macet banget," ujar Ananta, salah satu mahasiswa asli Sleman, Jogja.

2. Tugu Jogja

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: yogyatravel.com

Daerah simpang empat tugu biasanya juga menjadi lokasi favorit untuk melihat pesta kembang api. Kembang api yang saling bersahutan dengan Tugu Jogja sebagai latarnya benar-benar akan membuat tahun barumu Jogja banget deh!

3. Alun-alun Kidul

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: yogyakarta.panduanwisata.id

Lokasi menuju Alun-alun Kidul juga biasanya akan ditutup menjelang malam pergantian tahun. Jadi, kamu harus datang lebih awal. Sembari menunggu pergantian tahun kamu juga bisa menikmati jajanan khas Jogja atau naik becak lampu bersama keluarga dan teman-teman.

4. Pantai Parangtritis

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: yogyakarta.panduanwisata.id

Setiap akhir tahun, banyak wisatawan lokal dan pemuda-pemudi desa berkumpul menyemarakkan tahun baru dengan camping di tempat ini. Suasana asyik dan berbeda dengan perayaan akhir tahun di kota. Terlebih jika kamu merayakannya bersama teman-teman atau keluarga besar. Kegiatan ini juga tidak membutuhkan budget besar.

Akan tetapi bila kamu yang tidak suka camping, kamu bisa mencari penginapan atau villa di sekitar pantai. "Kalau mau ke Paris (Parangtritis) harus berangkat dari siang, kalau perlu pagi sekalian. Aku pernah mau tahun baruan di sana berangkat sore, kejebak macet panjang. Sampai sana tinggal capek," ujar Febby, mahasiswa Vokasi UGM.

5. Kaliurang

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: piknikasik.com

Dari atas, selain keriuhan jalan raya, tampak pula kerlap-kerlip lampu kota dari kejauhan, tidak mengherankan karena lokasi Kaliurang berada di kaki gunung Merapi sehingga lebih tinggi dari Yogyakarta. Saat jam 12 malam tiba, kamu akan merasakan keindahan kembang api yang menghiasi langit Kaliurang berganti-gantian tanpa henti. Ditambah lagi kamu dapat melihat kembang api yang dinyalakan dari kota di bawah sana. Semua itu dapat kamu saksikan secara jelas dari rooftop hotel di Kaliurang sembari menyalakan kembang api milikmu sendiri.

6. Bukit Bintang

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: brilio.net/Fadila Adelin  

Malam pergantian tahun mungkin sangat identik dengan gemerlap warna-warni kembang api. Di Jogja, salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya kembang api adalah Bukit Bintang, Gunung Kidul. Di Bukit Bintang kita tidak hanya dapat melihat ratusan kembang api, tetapi juga ribuan bintang dan gemerlap lampu kota.

7. Bunderan UGM

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: tengakarta.wordpress.com

Bunderan UGM juga merupakan salah satu lokasi untuk melihat pesta kembang api. Lokasinya yang tidak berada di pusat kota membuat banyak masyarakat memilih merayakan tahun baru di sana karena menghindari kemacetan. "Nggak mau jauh-jauh, makanya aku sekarang lebih pilih di Bunderan UGM kampusku sendiri. Lebih deket, pulang juga nggak macet," lanjut Febby

8. Candi Prambanan

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: telusurindonesia.com

Ingin menikmati suasana yang berbeda? Cobalah ke area Candi Prambanan. Setiap pergantian tahun pengelola Candi Prambanan selalu mengadakan pesta kembang api. Melihat candi dengan latar belakang kembang api yang meledak-ledak tentu akan menciptakan sensasi yang berbeda.

9. Stadion Mandala Krida

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: kaskus.co.id

Dengan daya tampung yang cukup besar, Stadion Mandala Krida juga menjadi opsi untuk mengadakan pesta kembang api. Di sana kamu pun tak perlu bingun menaruh kendaraanmu karena telah disediakan parkiran yang cukup luas. "Di Mandala juga enak, soalnya tempatnya luas kan soalnya stadion. Terus motor juga aman karena ada parkiran sendiri," terang Febby.

10. Monumen Jogja Kembali

Nikmati romantisnya pergantian tahun di 10 titik kota Jogjafoto: telusurindonesia.com

Monumen Jogja Kembali atau yang dikenal dengan Monjali tidak hanya menawarkan wisata museum saja. Saat malam tiba area sekitar monjali telah disulap menjadi wisata malam taman lampion. Sejak itulah lokasi ini menjadi cukup populer untuk merayakan tahun baru.

Kamu yang lagi liburan di Jogja, kira-kira mau tahun baruan di mana?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more