Brilio.net - Saat mendengar kata "mayonnaise" yang terpikir dalam benak kamu adalah salad atau kentang goreng, bukan? Tapi tahu nggak, kalau ternyata mayones juga bisa digunakan untuk mempercantik wajah lho, selain menikmatinya sebagai saus.

Apalagi kalau kamu seorang pecinta produk alami, menggunakan mayones sebagai produk kecantikan adalah pilihan yang tepat. Mayones sebenarnya dibuat dari campuran telur yang dikocok dan minyak zaitun. Ya, meskipun mayones mungkin dianggap nggak sehat karena kandungan lemaknya yang tinggi, tapi kadar proteinnya yang tinggi sangat sehat digunakan untuk memperbaiki dan meremajakan rambut yang rusak.

Mau tahu manfaat lain mayones untuk kecantikan? Berikut ini manfaat mayones, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Kamis (10/9). Read on!

1. Hydrator kulit

Mayones kaya akan kandungan telur dan minyak dianggap sebagai hidrator terbaik untuk kulit. Ini membantu untuk melembapkan sel kering di kulit dan membuat kamu terlihat lebih muda. Kamu juga bisa memanfaatkan mayones sebagai body lotion. Fungsinya beragam, salah satunya adalah menghaluskan kutikula, lapisan kulit terluar yang terdiri atas bagian kulit mati.

Loading...

2. Sebagai conditioner rambut

Mayones membantu untuk mengembalikan kelembapan rambut dari sel-sel rambut kering. Telur dan minyak yang ada di dalamnya memainkan peran kunci untuk membuat rambut kamu tumbuh dan mempertahankan keharumannya. Kamu bisa menggunakan mayones sebagai masker rambut atau menambahkan dengan nutrisi lain seperti ekstrak vanili untuk menekan bau mayones yang terasa menyengat di hidung.

3. Melembutkan bagian lutut dan siku

Selalu mencoba untuk menyingkirkan kulit keras pada lutut dan siku tapi selalu gagal? Cobalah untuk mengoleskan mayones pada bagian lutut dan siku lalu pijat perlahan. Ini membantu untuk menyingkirkan kulit mati dan membuat kulit kamu jadi lebih lembut.

4. Menyejukkan kulit yang mengalami peradangan

Mayones bisa digunakan sebagai alternatif instan dari masalah peradangan kulit. Mayones memiliki efek menenangkan pada kulit. Menurut Kristie Leong, dokter dari Yahoo Health, menggunakan mayones yang dingin bisa sangat menenangkan kulit.

5. Membunuh kutu rambut

Apapun yang mengandung cuka dapat membantu membunuh kutu rambut, demikian halnya dengan mayones. Cukup aplikasikan mayones selama satu jam ke seluruh kulit kepala dengan memijat. Nggak hanya kutu rambut yang terbunuh, tetapi juga bisa melembutkan rambut.

6. Kulit mati pada kaki yang terkelupas

Terlalu sering memakai sandal membuat kulit terekspos sinar matahari. Akibatnya, kulit kaki menjadi kering, kulit mati menjadi lebih banyak dan memicu kalus (penebalan kulit). Oleskan mayones di kaki dan bersihkan setelah 15 menit dan lihat perbedaan yang kamu alami. Kulit jadi lebih lembut dan lentur. Supaya nggak mengotori lantai, bungkus kaki yang diolesi mayones dengan kantong plastik.