Brilio.net - Sikat gigi merupakan sebuah alat mandi yang semua orang pasti punya. Dari namanya tentu alat ini digunakan untuk menyikat dan membersihkan gigi dong. Tapi dengan sedikit kreativitas, sikat gigi ternyata bisa digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari lho.

Apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/1), 12 fungsi lain dari sikat gigi yang belum banyak orang tahu. Jadi jangan buru-buru buang sikat gigi bekasmu ya guys!

1. Merapikan alis

foto: allforfashiondesign.com

Sikat gigi memiliki struktur bulu yang lebih tebal dan kasar namun tersusun rapi. Jika kamu belum memiliki kuas khusus untuk menyikat alismu, cobalah menyikat rambut alis menggunakan sikat gigi khusus balita yang berukuran kecil dan bulu lebih halus. Arsir mengarah ke atas sampai rambut alis mata tertata dan membingkai. Viola! Kamu nggak perlu repot-repot membeli kuas khusus untuk merapikan alis.

2. Merapikan rambut

foto: allforfashiondesign.com

Selain untuk merapikan alis, sikat gigimu juga bisa kamu gunakan untuk merapikan rambut. Oleskan gel rambut pada sikat gigi. Posisikan bulu sikat pada akar rambut dan tekan ke bawah, ke arah kulit kepala sampai anak-anak rambut rapi menyatu dengan rambut lain. Atau kamu juga bisa menyemprotkan hair spray ke arah kepala sikat gigi, tapi pastikan kamu menggunakan sikat gigi yang bersih ya.

3. Membersihkan sela-sela keyboard

foto: oopsesmile.com

Sela-sela keyboard terkadang menjadi tempat berkumpulnya debu dan susah untuk dibersihkan. Nggak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian yang kotor dari keyboard komputermu. Tapi pastikan sikat giginya dalam keadaan benar-benar kering ya guys.

4. Membersihkan parutan keju

foto: www.samcooks.com

Peralatan dapur yang satu ini seringkali susah dibersihkan karena keju menjadi lengket dan menyumbat pori-pori parutan. Dengan sikat gigi, semuanya jadi lebih mudah. Gosokkan sikat gigi yang telah diberi sabun pada bagian pori-pori, lalu cuci hingga bersih.

5. Menghilangkan noda hitam di tangan

foto: cosmopolitan.com

Tanganmu kotor terkena noda hitam yang tak kunjung hilang? Cukup campurkan sedikit baking soda dan perasan lemon, dan sikat perlahan menggunakan sikat gigi.

6. Membersihkan perhiasan

foto: smartschoolhouse.com

Perhiasan yang digunakan berulang-ulang lama kelamaan akan menunjukkan noda kotor yang sulit untuk dihilangkan. Sikat memiliki struktur bulu yang lebih tebal dan kasar sehingga sempurna jika digunakan untuk menyikat bagian kotor dari perhiasan seperti cincin.

7. Membersihkan rambut halus jagung

foto: smartschoolhouse.com

Jika kamu sedang memasak makanan berbahan dasar jagung, pasti akan sangat menjengkelkan jika melihat bulu halus pada jagung yang susah untuk dibersihkan. Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membantu menghilangkan bulu-bulu halus itu. Tapi pastikan sikat gigi dalam keadaan benar-benar bersih ya guys. Kalau bisa sih yang baru sekalian.

8. Menghilangkan kulit mati di bibir

foto: cosmopolitan.com

Kamu sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kulit mati di sekitar bibir, tapi sebelumnya oleskan lip balm terlebih dahulu pada bibir baru sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi.

9. Membantu menghilangkan permen karet yang menempel di pakaian

foto: smartschoolhouse.com

Permen karet yang menempel di pakaian memang menyebalkan. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kombinasi antara cuka dengan sikat gigi. Celupkan sikat gigi kedalam cuka panas, kemudian gosok perlahan di tempat yang terdapat sikat gigi di pakaian kamu.

10. Mewarnai rambut

foto: allforfashiondesign.com

Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membantu mewarnai rambutmu. Bulunya yang halus dan tertata membantumu untuk lebih meratakan cat rambut. Sama seperti merapikan rambut, pastikan sikat gigi dalam keadaan bersih ya guys.

11. Membersihkan kotoran di sela-sela kuku

foto: allforfashiondesign.com

Celupkan kepala sikat gigi kedalam air sabun dan gosok secar merata ke kuku yang kotor. Viola! kotoran yang menempel di kukumu dijamin hilang dan kembali bersih.

12. Membersihkan kentang dan wortel

foto: healthwantcare.com

Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian kentang dan wortel yang sulit dijangkau. Terutama jika kamu ingin mengonsumsi tanpa membuang kulitnya, tapi pastikan kedua sayur ini dalam kondisi bersih dan sikatnya juga sikat gigi yang bersih.

(brl/pep)

(brl/pep)