Brilio.net - Cuaca yang panas seperti sekarang ini rasanya tuh pengen banget minum yang segar-segar, ya kan? Hayooo ngaku deh! Bayangin aja, pas lagi panas terik seperti sekarang ini, ada segelas minuman bersoda dingin, terus pakai es batu yang banyak kalau masih kurang dingin, terus tinggal glek glek glek, aaahhhh, surga dunia!

Kesegarannya bakal jadi berkali-kali lipat nikmatnya kalau diminum sesaat setelah beraktivitas di luar ruangan. Nggak ada deh yang bisa menandingi nikmatnya, serius! Tubuh yang tadinya kelelahan, jadi seperti disegarkan kembali. Jadi semangat beraktivitas lagi, ya kan?

Iya sih, minum minuman bersoda emang bikin tubuh jadi lebih segar, tapi ternyata kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis lho! Bahkan jika rutin mengonsumsi dua gelas setiap harinya bisa memperparah keadaannya sampai 30 persen. Waduh, gimana bisa?

Dikutip brilio.net dari Boldsky, Rabu (7/10), hal ini disebabkan karena di dalam minuman bersoda terkandung asam fosfat yang bisa mengikat kalsium di dalam tubuh dan mengendapkannya di dalam ginjal. Nah, dalam waktu-waktu tertentu, kondisi ini dapat menjadi parah lalu memicu terbentuknya batu ginjal.

Jika hal ini terjadi, maka kemampuan ginjal untuk memfilter zat-zat yang tidak diperlukan tubuh makin lama makin mengalami penurunan yang disebabkan tingginya kadar sodium di dalam tubuh. Tubuh jadi menyimpan racun lebih banyak karena tak bisa dibuang.

Loading...

Hal ini juga semakin diperparah oleh pemanis buatan yang biasanya selalu ada dalam minuman bersoda. Bahkan beberapa penelitian membuktikan kandungan pemanis dalam minuman jenis ini berada dalam tingkat yang mengkhawatirkan yang bisa berdampak buruk terhadap kondisi ginjal serta membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Hiii, serem banget nggak sih ternyata? Yuk, kurangi minuman bersoda mulai sekarang. Kesehatanmu lho!