Brilio.net - Kamu suka minum minuman bersoda? Hati-hati, jangan pernah kamu mencoba untuk menyikat gigi setelah meminum minuman jenis ini. Berbahaya! Lho, kok bisa?

Menurut penelitian para ahli gigi dari Goettingen University, Jerman, minuman soda yang memiliki kandungan asam bisa merusak enamel gigi. Penelitian ini melibatkan sebelas relawan yang diwajibkan untuk menggunakan lapisan materi mirip gigi selama tiga minggu.

Lapisan ini dilepas setiap pagi dan malam dan direndam selama 90 detik ke dalam cairan yang bersifat asam seperti soda. Lapisan itu keudian digosok dengan sikat gigi elektrik Setelah tiga minggu, lapisan mirip gigi itu diketahui mengalami kerusakan.

Dari penelitian itu, sepeti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (30/3), disimpulkan banyak enamel gigi yang mengalami kerusakan karena menyikat gigi setelah meminum minuman bersoda. Para peneliti menyarankankan waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah setelah 30 sampai dengan 60 menit setelah mengonsumsi minuman bersoda. Cara ini diyakini efektif untuk mencegah kerusakan enamel pada gigi kamu.

Sayangi kamu gigimu ya!