Brilio.net - "Sing like no one is listening, love like you’ve never been hurt, dance like nobody’s watching and live like it’s heaven on earth." – Mark Twain

Apakah kamu suka menyanyi? Entah menyanyi di kamar mandi, di dapur, berkaraoke ria bersama teman-teman atau di mana saja yang membuatmu merasa tanpa hambatan untuk bernyanyi? Tentu, bernyanyi memang menyenangkan. Lewat lagu yang kamu nyanyikan, kamu bisa mengekspresikan apa yang lagi kamu rasakan secara bebas dan lepas. Nggak peduli lagi bahagia atau gundah gulana, begitu lagu kesayangan terdengar, nyanyi dan suarakan isi hatimu. Terbukti, menyanyi memang bisa bikin bahagia dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para pakar dari University of Frankfurt di Jerman, menyanyi merupakan kegiatan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa orang-orang yang bernyanyi lebih bahagia, hidup lebih lama dan umumnya lebih sehat juga.

Ya, meski suaramu tak semerdu Raisa atau Tulus, bersyukurlah kalau kamu suka bernyanyi. Bahagia, panjang umur dan kesehatan terjaga. Nggak cuma itu malah, ada manfaat lain dari menyanyi untuk tubuh, seperti dilansir brilio.net dari lifehack, Jumat (11/9) berikut ini. Yuk!

1. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Loading...

Menyanyilah, meski tak semerdu Raisa dan Afgan, karena ini menyehatkan

Saat bernyanyi akan merangsang sirkulasi dalam tubuh serta meremajakan otot-otot terutama otot perut dan diafragma. Selain itu bagus untuk kesehatan paru-paru dan jantung karena seluruh otot di bagian dada hingga perut akan terus bergerak selama bernyanyi.

Apalagi kalau kamu bernyanyi bersama-sama dengan teman-teman di paduan suara, dapat memperkuat otot sistem jantung dan membantu mengolah vokal dengan nada perut. Menurut peneliti di University of Gothenburg di Swedia, dengan bernyanyi pernapasan lebih teratur dan terkontrol sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian lain dari Universitas Cardiff menemukan pasien dengan kondisi paru-paru kronis yang menjadi anggota paduan suara memiliki kapasitas pernapasan yang lebih besar.

"Singing is like a celebration of oxygen." –Bjork

2. Lebih bahagia dan meningkatkan suasana hati

Menyanyilah, meski tak semerdu Raisa dan Afgan, karena ini menyehatkan

Bernyanyi memang obat ampuh untuk menghilangkan stres saat kamu melakukan aktivitas yang berat. Dengan masuknya oksigen kedalam darah kamu akan memberikan sinyal otak untuk melepaskan suasana hati. Sama hal saat mengonsumsi cokelat, bernyanyi di tempat karaoke juga dapat memicu pelepasan zat kimia yang dapat membangkitkan suasana hati.

Penyanyi mengalami pelepasan endorfin yang membuat suasana hati mereka lebih baik. Saraf mereka seperti ditenangkan saat bernyanyi. Suasana hati yang lebih baik meningkat ketika orang bernyanyi dalam kelompok atau paduan suara. Hormon lain yang dikenal sebagai "hormon berpelukan", oksitosin, juga diaktifkan ketika mereka bernyanyi. Hal ini meningkatkan ikatan dan rasa kepercayaan.

"He who sings scares away his woes." –Miguel de Cervantes Saavedra

3. Memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik

Menyanyilah, meski tak semerdu Raisa dan Afgan, karena ini menyehatkan

Ada sebuah penelitian yang sangat menarik yang dilakukan oleh University of California San Francisco. Mereka menciptakan 12 paduan suara baru di pusat-pusat katering untuk orang tua di daerah peluk. Sebelum para orang tua keluar, kekuatan kaki dan keseimbangan mereka diuji yang merupakan faktor kunci untuk mencegah lansia terjatuh. Para peneliti menemukan bahwa anggota paduan suara jatuh jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tampaknya memiliki kaki kuat dan keseimbangan yang lebih baik.

"I believe that singing is the key to long life, a good figure, a stable temperament, increased intelligence, new friends, super self-confidence, heightened sexual attractiveness and a better sense of humor." –Brian Eno

4. Hidup lebih lama

Menyanyilah, meski tak semerdu Raisa dan Afgan, karena ini menyehatkan

Alasan lain yang membuatmu harus sering bernyanyi adalah kenyataan bahwa bernyanyi membantu kamu hidup lebih lama. Ini adalah hasil penelitian bersama di Harvard dan Yale yang mempelajari harapan hidup penduduk yang mengalami penuaan New Haven, Connecticut.

Mengapa bernyanyi bisa membantu mereka hidup lebih lama? Alasannya karena mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik, kurang tertekan dan membaiknya tingkat kesejahteraan serta gaya hidup yang sehat tentu saja.

5. Memiliki postur tubuh yang lebih baik dan terlihat lebih muda

Menyanyilah, meski tak semerdu Raisa dan Afgan, karena ini menyehatkan

Bernyanyi dengan teknik pernapasan yang benar, penyanyi dipaksa untuk berdiri tegak dengan bahu yang lurus akan memperluas dada, sehingga dapat meningkatkan postur tubuh kamu. Postur tubuh yang baik meningkatkan pernapasan yang menghasilkan suara yang lebih baik yang terdengar.

Selain itu, penyanyi juga mendapatkan latihan berbagai pergerakan otot dari perut sampai ke wajah. Otot-otot wajah yang kencang akan membuatmu terlihat lebih mudah dan lebih bersemangat. Bahkan ketika kamu tersenyum, otot-otot wajah akan mendapatkan latihan yang baik. Sayangnya, ketika kamu tersenyum, nggak berarti kamu akan bernyanyi dengan baik! Jadi senyum saja nggak cukup, nyanyi dengan teknik yang benar bikin suara jadi enak didengar dan badan jadi bugar, ya nggak?

Mari bernyanyi dan jangan lupa bahagia, ya.