Brilio.net - Sebelumnya, brilio.net pernah membahas tipe kepribadian sensing dan thinking. Sekarang, satu lagi yang bakal dibahas yaitu tipe intuiting. Tipe kepribadian ini masih dari sumber yang sama yaitu stifin dan Jamil Azzaini.

Intuiting adalah kepribadian yang didominasi oleh otak kanan. Mereka adalah orang-orang yang punya kelebihan, yaitu kreatif. Mereka adalah orang-orang yang suka berimprovisasi.

Intuiting ini dibagi lagi menjadi 2 yaitu introvert dan ekstrovert. Berikut rangkuman brilio.net tentang tipe kepribadian intuiting. Cek ya!

1. Intuiting Introvert

Kepribadian tipe ini selalu berpikiran positif. Mereka memiliki privasi yang kuat, tidak 'ember', namun mereka juga menyenangkan dijadikan sebagai mitra bisnis. Jenis kepribadian ini super keras kepala, meskipun demikian mereka terbuka untuk berbeda pendapat. Mereka sangat romantis, lucunya mereka juga 'anak mami'.

Loading...

Kepercayadiriannya sangat kuat bahkan sering berlebihan. Mereka sering dielu-elukan sebagai pahlawan bagi sekitarnya. Jika diibaratkan sebagai kendaraan, mereka adalah jenis kendaraan tanpa rem, maju terus.

Cuma ketika sudah mentok tidak berhasil mencapai tujuannya, mereka langsung down. Sayangnya untuk memulihkan dari down-nya ini tidak mudah, karena mereka baru menabrakkan kendaraannya tanpa rem.

Mereka juga pandai membuat intisari, selain juga menyukai hal-hal detil-detil yang estetik. Bahkan mereka pandai menampilkan diri secara atraktif. Letak kehebatannya adalah pada kemampuannya membuat konsep dan begitu perfeksionis ketika mereka menjalani konsepnya. Kalau perlu mereka bersedia untuk turun tangan meskipun mereka konseptornya. Akhirnya orang lain menganggap mereka ini lengkap mulai dari mengonsep hingga detail pelaksanaan.  

2. Intuiting ekstrovert

Kepribadiannya kayak detektif. Mereka mampu menemukan mana rangkaian peristiwa yang terputus dan merangkainya secara imaginer. Mereka tidak mau terlalu jauh berkenalan dengan orang lain, karena takut terbebani dengan hubungan yang lebih mendalam. Mereka memberikan standar yang tinggi bagi dirinya untuk menjalankan misi pribadinya meskipun kerap kali di beberapa area masih ada bolong-bolong karena kurang seksama penanganannya.  

Kepribadiannya aktif dan tidak ketinggalan jaman, meskipun juga sesekali lari dari dunia realitas dan menjadi orang yang religius banget. Kehebatannya adalah ruang kreativitasnya yang luas, namun mereka juga tetaplah memerlukan pesta pelampiasan dengan berhura-hura bersama teman-teman semisinya.  

Jika sedang mengejar misi, mereka mampu hidup terasing berpisah dari entitasnya sendiri. Pemikirannya sistemik, walaupun secara pribadi mereka mengabaikan orang lain. Sungguh pandai mengidentifikasi masalah ataupun membuat program, namun tidak betah berlama-lama dalam status quo. Mereka selalu menghendaki perubahan.

Beberapa pilihan pekerjaan berikut ini cocok untuk kamu yang bertipe intuiting: Pengusaha, produsen, desainer, ahli kreatif berbagai bidang, periklanan, marketing, grafis, arsitektur, penemu keilmuan, sutradara, pencipta lagu, seniman, pelukis abstrak, pesulap, peramal, pialang saham, investor, filosof, pakar pembelajaran/pemodul, event organizer, dll.