×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal DASH, diet two in one yang menyehatkan, penasaran?

View Image

0

BRILIO » Life

Mengenal DASH, diet two in one yang menyehatkan, penasaran?

Ilustrasi diet.

Diet DASH atau Dietary Approach to Stop Hypertension ini nggak cuma bisa menurunkan berat badan saja lho.

09 / 01 / 2016

Brilio.net - Apa sih resolusimu di tahun 2016 ini? Hidup sehat? Rajin olahraga? atau menurunkan berat badan? Nah, bagi kamu yang punya resolusi diet untuk mendapatkan badan yang ideal kamu bisa mulai mencoba melakukan diet DASH.

Diet DASH atau Dietary Approach to Stop Hypertension ini nggak cuma bisa menurunkan berat badan saja lho tapi juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah bagi kamu yang menderita darah tinggi.

Menurut laman news.com, Sabtu (9/1) diet DASH ini bahkan telah menjadi metode diet terbaik selama 4 tahun berturut-turut menurut US News dan World Report 2015. Metode diet ini di formulasikan oleh cabang NIH (National Institue of health) ini menekankan pada banyaknya frekuensi, jenis dan variasi makanan.

Metode ini masih memungkinkan kamu untuk bisa mengonsumsi aneka jenis makanan, hanya saja diatur dengan ketat. Berikut ini aturan frekuensi dan porsi makan dalam diet DASH dihimpun dari berbagai sumber:

1. Karbohidrat dari biji-bijian.

Loading...

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://www.dietnutrisi.org

Yang termasuk karbohidrat dari biji-bijian adalah roti gandum, beras, sereal, dan pasta. 1 kali konsumsi misalnya 1 lembar roti gandum, 100 gr sereal, atau 70 gr nasi/pasta. Dan juga sebaiknya kamu mengganti nasi putih kamu dengan nasi merah karena mengandung indeks glikemik yang lebih rendah.

Jangan menambahkan apapun seperti mentega, keju atau krim karena bahan-bahan tersebut banyak mengandung lemak tak jenuh. Frekuensi mengkonsumsi karbohidrat dari biji-bijian ini adalah 6-8 kali per hari.

2. Sayuran.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://trendymods.com

Mengonsumsi banyak sayuran berserat sangat baik untuk tubuh. Antara lain tomat, wortel, brokoli, maupun sayuran lain yang mengandung vitamin, potassium dan magnesium.

Untuk 1 kali konsumsi takarannya adalah 1 mangkuk sup sayuran mentah dan 1/2 mangkuk sup sayuran yang sudah diolah. Usahakan 4-5 kali mengonsumsi sayuran setiap harinya.

3. Buah-buahan.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://www.inmotionlife.com

Seperti halnya sayur-sayuran, buahan-buahan juga mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh. Untuk diet hipertensi dan diabetes, sayuran dan buah-buahan adalah jenis makanan yang tepat.

Namun, jangan asal memilih buah ya, Guys. Penting untuk selalu konsultasikan pada dokter jenis buah yang akan dikonsumsi jika kamu sedang dalam pengobatan. Mengonsumsi buah yang ideal adalah 4-5 Kali Konsumsi setiap harinya.

4. Produk susu.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: nasyidmadany.files.wordpress.com

Susu adalah salah satu produk yang kaya akan vitamin D dan kalsium. Selain susu kamu juga bisa memilih aneka olahan susu lainnya seperti yogurt dan keju. Tapi, pilihlah olahan susu yang rendah lemak. Mengkonsumsi olahan susu sebaiknya 2-3 kali perhari dengan takaran 1 cangkir setiap kali konsumsi.

5. Daging tanpa lemak.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://www.l-men.com

Kamu masih diperbolehkan mengonsumsi daging meskipun sedang menjalani program diet DASH. Namun, perhatikan daging yang kamu konsumsi. Daging tersebut harus bebas lemak, jika daging ayam atau unggas harus dipisahkan dari kulitnya dan hanya 1 ons saja setiap 1 kali makan.

6. Kacang-kacangan.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://papasemar.com

Jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang merah dan lainnya merupakan sumber protein dan mineral yang baik bagi tubuh. Dalam hal ini, sumber protein yang terbaik bagi kamu adalah tahu atau tempe. Namun, karena kacang-kacangan mengandung kalori yang cukup tinggi konsumsinya harus dibatasi hanya 4-5 kali setiap minggunya.

7. Lemak dan minyak.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://www.magimix.com

Lemak masih tetap diperlukan tubuh untuk menyerap vitamin esensial untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tetapi kebanyakan mengonsumsi lemak, terutama lemak jenuh, juga tidak baik karena akan meningkatkan risiko darah tinggi, obesitas, dan diabetes mellitus.

Dianjurkan hanya 2-3 kali konsumsi lemak perharinya dan setiap 1 kali konsumsi jumlah yang diperbolehkan adalah 1 sendok teh margarin atau 1 sendok makan mayones rendah lemak.

8. Gula.

diet dash © 2016 brilio.netfoto: http://fitafterfifty.com

Dalam menjalani diet DASH,kamu tidak perlu menghindari segala jenis makanan yang manis-manis dari menu makanmu setiap hari. Kamu tetap masih boleh mengonsumsi gula paling tidak kurang dari 5 kali per minggunya. Takaran untuk setiap satu kali konsumsi adalah 1 sendok makan gula pasir sudah sangat cukup untuk jelly atau jus.

Diet ini sangat cocok untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit lainnya, selain hipertensi. Selamat diet dan selamat menjalani hidup sehat!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more