Brilio.net - Mengunjungi Yogyakarta jangan melulu berburu gudeg, dong. Sebab, banyak sekali kuliner di Yogyakarta yang bisa membuatmu ketagihan dan ingin selalu kembali ke kota yang terkenal dengan tagline-nya 'rindu, pulang, dan angkringan' ini. Salah satunya adalah Sarapans. Tempat apa sih itu?

Sarapans adalah salah satu tempat makan unik yang berlokasi di Taman Kuliner Condong Catur, Yogyakarta. Berbeda dengan tempat makan pada umumnya, Sarapans dengan berani mengusung menu-menu yang berkiblat pada menu-menu Amerika. Uniknya lagi, kamu hanya akan menemukan menu-menu sarapan ala American breakfast di sana.

Mencicip menu sarapan ala Amerika buat 'kelas pekerja' di Jogja, top!

Berawal pada sekitar bulan Maret-April 2015, Sarapans pertama kali dibuka di daerah Jalan Wahid Hasyim, Yogyakarta. Karena mengusung tema breakfast, waktu itu Sarapans hanya buka dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB. Merasa kurang efektif, Anto Lele, sang pemilik dari Sarapans sempat memindahkan lokasi Sarapans, yakni ke daerah Babarsari, Yogyakarta.

"Waktu di Babarsari, kita hanya buka sebentar pas puasa," kata Anto Lele saat ditemui brilio.net di Taman Kuliner, Kamis (5/11).

Loading...

Mencicip menu sarapan ala Amerika buat 'kelas pekerja' di Jogja, top!

Mengapa Amerika? Menurut Anto, konsep tempat makan dan menu yang mengusung gaya Amerika belum ada di Yogyakarta. Kebanyakan tempat makan di Yogyakarta hanya mengusung menu Eropa dan Italia melulu. Selain itu, kebanyakan tempat makan di Yogyakarta juga memilih untuk menyediakan menu makan siang atau lunch, dan juga menu makan malam atau dinner.

"Saya cuma kepikiran buat menu sarapan, soalnya masih jarang. Padahal ya, saya bukan orang yang bisa bangun pagi," katanya sambil terkekeh.

Mencicip menu sarapan ala Amerika buat 'kelas pekerja' di Jogja, top!

Sarapans ini awalnya memiliki sasaran para pegawai kantoran dengan konsep 'working class hero' alias kelas pekerja. Namun, semakin ke sini, semua kalangan pun dapat menikmati menu American breakfast di Sarapans. Menu vegie, sandwich, bacon, mashed potato, potato wedges, dan juga chicken, bisa dinikmati dengan aneka saus seperti saus mushroom, aioli, hingga yang paling istimewa adalah saus green pepper. Tak perlu khawatir, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, meski semua bahan-bahan yang digunakan berkualitas premium.

"Kita nggak pernah simpan bahan lebih dari 3 hari di kulkas. Semua saus kita bikin sendiri, bacon juga kita asap sendiri. Kita bikin pancake dengan sirup maple, sirupnya juga kita bikin sendiri," ujar lelaki yang juga bekerja di balik layar dari band rock kenamaan Yogyakarta, FSTVLST, itu.

Selain menu sarapan yang unik itu, menu minuman yang khas ala American breakfast juga bisa kamu temukan di sini. Seperti fresh milk, kopi, teh, apple juice, dan tentunya orange juice yang sungguh segar.

Tempat makan yang buka dari hari Senin hingga Kamis, dan juga Sabtu-Minggu tersebut kini beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB.

"Tiap harinya kita bisa dapat customer sekitar tiga sampai enam orang, dari pagi sampai kira-kira menuju siang. Tapi ke depannya sih, ingin buka hingga malam. Dan menyediakan menu-menu lunch serta dinner tapi tetap mengusung menu Amerika. " imbuh Anto yang suka memelihara kumis itu.

Mencicip menu sarapan ala Amerika buat 'kelas pekerja' di Jogja, top!

Gimana? Kamu pasti jadi tertarik sarapan ala Amerika, ya kan? Kalau piknik ke Jogja, jangan lupa mampir dan sarapan di sini ya!