Brilio.net - Kamu yang suka mencoba-coba memasak variasi makanan, tapi tidak mau terlalu banyak menggunakan garam, ada baiknya kamu tilik cara berikut supaya makananmu tetap lezat. Masakanmu bisa tetap gurih meski tak dibumbui garam.

Dikutip brilio.net dari laman For Dummies, Sabtu (23/5), berikut daftar bahan dan cara menyedapkan makananmu:

1. Tumis dan bakar
Menumis dan memanggang merupakan metode memasak yang bisa mengeluarkan sifat karamel alami dalam makanan, sehingga bisa menutup rasa natural bahan makanan tersebut.

Kalau kamu menumis, hanya perlu melibatkan wajan tumis untuk memasak pada suhu tinggi dalam waktu singkat. Sedangkan saat kamu membakar atau memanggang makanan, kamu harus memantaunya supaya tidak terlalu matang yang bisa mengurangi cita rasa.

Memasak tanpa memakai garam bisa tetap lezat, ini 8 bumbu rahasianya!


2. Menambah bumbu herbal dan rempah-rempah
Bumbu dapur herbal dan rempah-rempah dapat menambah rasa lezat untuk hidanganmu. Bahan makanan ini menjadi tulang punggung banyak resep makanan. Contoh dari bumbu herbal misalnya bagian daun tanaman yang kering dan bersih, seperti daun jeruk pecel atau daun salam. Sedangkan rempah-rempah misalnya kulit kayu, akar, biji, dan bunga dari tanaman tropis.

3. Memeras beberapa jeruk
Sedikit cairan lemon, jeruk nipis, bahkan taburan kulit jeruk dapat membuat rasa hidanganmu lebih terasa nikmatnya.

4. Menggunakan bawang merah, bawang putih, paprika, dan sebagainya
Sayuran aromatik seperti bawang putih, daun bawang, dan bawang merah, dapat menambah aroma khas pada masakan tumis, panggang, maupun yang mentah. Pergunakan itu semua untuk membangun rasa yang menambah kemanisan karamelisasi, pedasnya bawang merah, dan tawarnya bawang putih.

TRENDING: 9 Manfaat garam yang bisa kamu gunakan sehari-hari di rumah


5. Menggunakan jahe segar dan lobak
Jahe memberikan sensasi rasa makanan atau minuman tiada tertandingi. Kamu bisa mendapatkannya di pasar atau bisa menanamnya sendiri.

Lobak dapat menambah sensai panas untuk saus atau sup. Selain itu juga bisa menjadi bumbu yang bisa ditambahkan ke mayones atau yoghurt untuk membuat sandwich.

6. Memasak dengan minyak beraroma
Kamu bisa menambahkn minyak zaitun atau minyak kenari untuk campuran salad sehingga kelezatannya lebih terasa. Cara ini bukan hanya menciptakan rasa yang lezat namun juga menjadi minyak yang sehat untuk dietmu.

7. Menuangkan cuka
Cuka bisa membangun rasa hidanganmu tanpa perlu menambahkan garam. Ambil contoh acar, dengan bahan mentimun, bawang merah, abwang putih, cabai, wortel, dan cuka, bisa jadi pilihan pendamping makanan besar nan lezat.

8. Taburan keju
Kalau kamu ingin membuat makanan menjadi lebih lezat, bisa kamu tambahkan taburan keju.

Nah, guys, banyak pilihan cara kan? Selamat berkreasi dengan masakanmu!

HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Misteri lubang pemakan belasan pohon hanya dalam 30 detik

Butuh lima tahapan bagi abdi dalem untuk bergaji Rp 15 Ribu per bulan