Brilio.net - Kamu pasti pernah mengalami luka bakar, misalnya akibat terkena air panas atau tergesek panci atau wajan panas. Lantas, apa yang kamu lakukan?

Cara sederhana yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan kulit kentang.

Dilansir brilio.net dari VisiHow, Minggu (13/9), dokter di seluruh dunia telah menggunakan pengobatan luka bakar kuno, yaitu dengan kulit kentang. Pada tahun 2006, M.H. Kaswani dari Jubilee Hospital (Belanda), menemukan manfaat penyembuhan kulit yang terluka bakar akut menggunakan kulit kentang rebus. Hal ini dikaitkan kulit kentang dipercaya memiliki kelembapan dan bersifat anti-bakteri.

Nah, sebelum memutuskan menerapkan kulit kentang sebagai obat luka bakar, lebih baik kenali skala luka bakar itu sendiri. Luka bakar terdiri dari tiga tipe dengan tingkat keparahan yang berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Luka bakar skala satu

Loading...

Tipe ini adalah yang paling ringan, yang mengenai lapisan terluar kulit (epidermis). Gejalanya antara lain:

- Kulit sedikit memerah

- Pembengkakan di daerah luka bakar

- Rasa nyeri namun tak kuat atau hebat

Bila lokasi luka ada di sebagian besar area wajah, sendi, pangkal paha, bokong, atau tangan/kaki, lebih baik segera ke pihak medis terdekat.

2. Luka bakar skala dua

Luka bakar ini menembus lapisan atas kulit, lapisan setelah epidermis. Gejalanya antara lain:

- Lecet di luka bakar tersebut

- Kulit yang terbakar terlihat merah terang

- Rasa nyeri lebih kuat disertai beberapa pembengkakan

Bila luka ini "hanya" berukuran tiga kali tiga inci, luka bakar ini bisa diobati di rumah. Tapi bila lebih lebar, segera pergi ke perawatan medis profesional.

3. Luka bakar skala tiga

Luka bakar dengan keparahan tertinggi, yang menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan tubuh seseorang. Gejalanya antara lain:

- Kerusakan dapat meluas ke tulang dan otot

- Daerah yang terkena dampak bisa berubah warna dan terlihat kering

Perawatan medis profesional sangat dibutuhkan untuk mengatasi luka bakar tipe ini.

Selanjutnya, bagaimana mengobati luka bakar menggunakan kulit kentang berdasarkan tipe luka bakar? Cek gambar berikut ini:

1. Penanganan untuk luka bakar tipe 1 dan 2 (ringan)

Kulit kentang direkomendasikan dokter dunia untuk atasi luka bakar

Luka bakar tipe 1 dan 2 ini akan sembuh dalam waktu sekitar dua minggu dengan pengobatan harian. Namun, setelah sembuh mungkin kulit bekas luka bakar akan berwarna berbeda dari kulit di sekitarnya.

Namun, jika rasa sakit, bengkak, suhu tubuh, atau kemerahan meningkat, lebih baik pergi ke pihak medis. Selalu berhati-hatilah selama proses penyembuhan dengan menghindari matahari dan/atau segala sesuatu yang bisa menyakiti luka bakar. Disarankan untuk menggunakan tabir surya pada area bekas luka untuk sekitar 12 bulan.

2. Penanganan untuk luka bakar tipe 3 (parah)

Kulit kentang direkomendasikan dokter dunia untuk atasi luka bakar