Brilio.net - Di zaman sekarang mengurus anak rasanya jauh lebih mudah. Bagaimana tidak, semua hal yang disukai anak-anak sudah ada di depan mata mulai dari makanan cepat saji, mainan hingga smartphone. Meski begitu sebagai orangtua harus lebih selektif memberi yang terbaik buat anak.

Salah satu yang penting adalah makanan. Jangan sampai salah memberi makanan, alih-alih membuatnya sehat justru malah berlebihan hingga obesitas. Di dunia, tingkat obesitas anak meningkat drastis. Di Amerika Serikat saja tercatat ada 31 persen anak yang kelebihan berat badan.

Para ahli di Duke National University of Singapore melakukan penelitian yang melibatkan 4500 anak obesitas. Mereka melacak makanan apa saja yang anak-anak konsumsi sehingga bisa menyebabkan obesitas.

Dikutip dari Independent, Selasa (10/11), hasilnya adalah anak-anak yang secara teratur makan keripik kentang setiap harinya berpotensi paling besar mengalami obesitas.

"Keripik kentang memiliki tingkat lemak yang paling tinggi namun tidak membuat kenyang, makanya dikonsumsi terus-terusan sebagai makanan ringan," ujar para peneliti.

Loading...

Tak hanya itu saja, makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng dan daging olahan semacam sosis dan burger juga bisa menyebabkan kegemukan. Selain itu makanan manis yang mengandung banyak gula seperti permen dan minuman bersoda juga sebaiknya dijauhkan dari anak-anak.

Sementara itu, orangtua sebaiknya memberikan makanan yang lebih sehat kepada anak-anaknya. Para ahli menganjurkan memberi makanan ayam rebus yang tidak digoreng, sereal tinggi serat untuk sarapan dan biji-bijian.