Brilio.net - Di bulan Ramadan yang suci ini, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Nah, supaya puasamu lancar, nggak bolong-bolong gara-gara nggak kuat nahan lapar, menu makanan saat sahur harus jadi perhatian kamu juga. Kalau salah memilih makanan, bisa-bisa sebelum waktunya berbuka, perut sudah keroncongan. Untuk itu, kamu diharuskan mengonsumsi makanan berkabohidrat kompleks dan kaya serat, jangan coba-coba deh makan makanan berikut ini saat sahur, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (18/6).

1. Roti tawar

Roti tawar memang mengandung karbohidrat yang diperoleh dari gandum sebagai bahan utama pembuatannya, tapi jumlahnya hanya sedikit, sehingga nggak memenuhi kebutuhan karbohidrat harian tubuh. Makan roti saat sahur justru bikin kamu menjadi cepat lapar, tubuh juga jadi gampang lemas.

2. Fast Food

Makan fast food memang praktis, tapi jika kamu memakan fast food saat sahur justru nggak baik. Makanan jenis ini dirancang supaya kamu megonsumsi dengan porsi yang lebih dari seharusnya. Akibatnya kemampuan tubuh untuk mencerna makanan menjadi terganggu.

Loading...

3. Sushi Rolls

Gimana kalau makan sushi? Nasi juga kan? Eits.., pikir-pikir lagi deh, ya? Sushi memang terbuat dari beras, tapi kandungan glukosa pada makanan yang populer dari Jepang ini sangat tinggi, bahkan bisa mencapai tiga kali lipat dari roti tawar, lho. Jika mengonsumsi banyak glukosa saat sahur, kemampuan tubuh untuk mencerna makanan jadi nggak sempurna.

4. Pizza

Percayalah, makan satu potong pizza itu nggak bakalan cukup. Kamu pasti bakal nambah lagi, nambah lagi, dan nambah lagi. Hal ini bakal bikin kamu jadi kekenyangan. Perut yang terlalu kenyang, justru memicu otak untuk mengirim sinyal kelaparan lebih sering dari yang seharusnya.

5. Sereal

Sering sarapan sereal setiap pagi? Bagus sih, tapi ketika kamu sahur menggunakan menu ini, justru nggak baik bagi tubuhmu. Ini karena tepung yang merupakan bahan dasar pembuatan sereal akan akan mengirim serangan ganda untuk metabolisme tubuh. Akibatnya? Kamu jadi sering merasa kelaparan. Jadi simpan lagi keinginan kam untuk menikmati sereal saat sahur ya? Malu ih, masa bolong-bolong puasanya? Semangat berpuasa!

BACA JUGA:

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Puasa bukan halangan berolahraga, kamu bisa melakukannya begini

5 Spot ngabuburit asyik dan murah di Yogyakarta

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya