Brilio.net - Sampai saat ini, memiliki tubuh langsing yang ideal merupakan hal yang sangat diidam-idamkan semua orang, terutama para kaum hawa. Bahkan beberapa banyak yang rela makan cuma satu kali sehari atau hanya mengonsumsi cairan untuk menjaga tubuhnya tetap langsing.

Tapi buat yang nggak mau terlalu ekstrem, biasanya sih lebih seringnya dengan melewatkan makan malam untuk mengurangi porsi asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Ah siapa bilang? Makan malam itu sesungguhnya nggak ada hubungannya sama sekali dengan pertambahan lemak, asal kamu tahu aja nih. Bahkan menurut Nancy Snyderman, MD, penulis buku diet best seller, Myths That Keep Us Fat, seperti dikutip brilio.net dari The Times of India, Sabtu (24/10), yang menentukan pertambahan lemak di tubuh itu sebenarnya karena jumlah total asupan kalori yang melebihi kebutuhan.

Gini, besarnya asupan kalori yang dibutuhkan tubuh itu sebenarnya sangat bergantung pada aktivitasmu. Aktivitas yang kamu lakukan di siang hari jauh berbeda dengan aktivitas yang kamu lakukan di malam hari.

Jadi nggak benar tuh mitos yang menyatakan kalau makanan yang masuk ke tubuh sebelum jam tidur akan diubah menjadi lemak yang membuat tubuh gemuk.  Melewatkan makan malam justru hanya akan buat kamu menjadi lapar berat keesokan harinya. Apalagi saat tidur, kamu pasti akan "puasa" selama kira-kira delapan jam. Nah, hal inilah yang justru merusak metabolisme tubuhmu. Metabolisme tubuh justru akan melambat, efeknya tubuh jadi kehilangan energi.

Loading...

Jika tubuh merasa tidak enak, akan lebih besar potensinya untuk merasakan sakit pada lambung. Nah, jika lambung mengalami kekosongan dalam waktu yang lama, udah deh, tubuh jadi sensitif terhadap kalori yang masuk. Bukannya dibakar menjadi energi, malah akan menyimpannya menjadi lemak.

Untuk menyiasatinya, sebaiknya perhatikan porsinya. Makan malam nggak bakal menimbulkan masalah kok jika kamu terbiasa makan teratur dan sehat sepanjang hari. Mungkin kamu bisa coba mengemil camilan sehat seperti kacang rebus atau buah-buahan pada pukul 16.00 atau 17.00, supaya nggak berlebihan makannya di malam hari. Jadi, jangan coba-coba melewatkan makan malam lagi ya?