Brilio.net - Sempat diklasifikasikan dalam keluarga babi, sudah terbukti bahwa kuda nil ternyata keluarga dekat dari paus. Fakta tersebut dikutip oleh brilio.net dari ABC Australia, Minggu (14/6).

Lalu bagaimana isu tersebut dibuktikan secara ilmiah?

Penelitian ini digawangi oleh Norihiro Okada dan rekannya dari Tokyo Institute of Technology. Dalam investigasinya, Norihiro menggunakan DNA sequences untuk menyusuri sel hewan dalam jutaan tahun yang lalu. Hasilnya pun ternyata sangat mengejutkan.

Norihiro mengonfirmasi bahwa kuda nil ternyata lebih dekat untuk masuk keluarga paus. Dalam metodenya dia menggunakan long interspersed elements (LINEs) dan short interspersed element SINEs. Jika sebuah sel DNA dimasukkan salah satu elemen tersebut dan tidak hilang, artinya hewan tersebut masih satu keluarga.

Sang peneliti juga mengungkapkan bahwa metode tersebut lebih ampuh dibandingkan dengan menganalisis penampakan fisik hewan. Selama ini, ada tiga cara umum dalam menentukan evolusi seekor hewan. Yakni penampilan morfologi, data paleontologikal dan molekular.

Loading...

BACA JUGA:

Buaya hewan setia, tapi kenapa identik dengan pria hidung belang?

Kamu pernah bertanya-tanya kenapa hewan memiliki ekor? Ini jawabannya

Bukan hiu, bukan pula singa, lalu apa hewan paling mematikan di dunia?

6 Kotoran hewan ini kini laris manis jadi makanan & minuman, kamu mau?