Brilio.net - Produsen makanan akan senang jika kamu nggak bisa berhenti untuk makan satu porsi makanan yang mereka produksi. Tapi apa artinya ini bagi kita? Ini berarti bahwa makanan tersebut memegang kendali.

Entah bagaimana caranya makanan itu telah dimanipulasi untuk menyebabkan kamu makan secara berlebihan. Monosodium glutamat atau kita biasa menyebutnya MSG adalah penyedap rasa yang sering ditambahkan dalam makanan, terutama makanan kemasan dan olahan dari pabrik.

Penelitian tentang bahaya MSG yang dilakukan di Spanyol terhadap tikus di laboratorium menyebutkan bahwa tikus yang diberi makanan mengandung MSG, makan lebih banyak 40 persen dibanding tikus yang makanannya tidak mengandung MSG.

Sebenarnya jika dikonsumsi tidak lebih dari takaran 6 mg perkilogram, berat badan masih aman. Masalahnya, terkadang cukup banyak jenis makanan kemasan yang kita konsumsi sehingga kemungkinan takaran MSG yang kita asup juga berlebih.

MSG memang membuat rasa makanan lebih lezat dan kuat sehingga nafsu makan pun meningkat. Selain itu, MSG juga terbukti membuat kita resistan pada leptin (hormon yang membuat kita kenyang). Tak hanya itu, MSG juga cenderung membuat kita lebih cepat lapar.

Kadar MSG yang cukup banyak dalam tubuh juga bisa membuat kita kekurangan mikronutrien seperti vitamin C dan E, magnesium, krom, dan zinc.

Dapatkah kamu bayangkan berapa banyak fungsi penting tubuh mungkin tidak dapat dilakukan dengan baik karena ulah kandungan MSG dalam makanan kita?

Jadi, buat kamu penyuka makanan kemasan, kenali yuk kandungan MSG dalam label. Sejumlah kandungan berikut ini menyembunyikan MSG, seperti dilansir brilio.net dari Prevention, Senin (17/8).

1. Autolyzed yeast
2. Autolyzed yeast protein
3. Calcium glutamate
4. Carrageenan
5. Glutamate
6. Glutamic acid
7. Hydrolyzed corn
8. Kandungan yang tertulis hydrolyzed, fortifikasi protein, ultra-pasteurized, fermentasi, atau modifikasi enzim.
9. Magnesium glutamate
10. Monoammonium glutamate
11. Monopotassium glutamate
12. Perasa alami
13. Pectin
14. Sodium caseinate
15. Soy isolate
16. Soy sauce
17. Textured protein
18. Vegetable extract
19. Yeast extract
20. Yeast food