Brilio.net - Sekali waktu kamu mungkin pernah mengalami momen yang bikin nggak ngeh sama pembicaraan orang, baik itu kawan, pacar, bisa jadi keluarga. Kamu nggak "ngeh" dengan pembicaraan mereka yang terkesan "melompat" atau nggak logis. Hmmm ..., benarkah mereka sedang menyembunyikan sesuatu dari kamu?

Dilansir brilio.net dari METRO, Selasa (13/10), berikut 12 tanda seseorang sedang menyembunyikan sesuatu dari kamu:

1. Suka mengalihkan perhatian

Kenali 12 tanda orang lain sedang 'menyembunyikan' sesuatu dari kamu

Saat ngobrol sama dia tentang sesuatu lalu kamu memberikan pertanyaan, dia tiba-tiba mengalihkan topik? Hmmm ..., patut kamu curigai dia menyembunyikan sesuatu. Tindakan ini menandakan dia merasa terintimidasi atas sesuatu yang kamu tanyakan, guys.

Loading...

2. Menambah banyak detail cerita

Orang yang sedang main sembunyi sesuatu dari kamu, biasanya cenderung menambahkan hal nggak penting dalam obrolan kalian. Hal-hal nggak penting bertujuan supaya apa yang kamu pikirkan tentang dia bisa "membelok" dari kebenaran yang ada. Dia berusaha supaya kamu nggak lagi membahas sesuatu yang aslinya kamu sembunyikan itu.

3. Mendadak mengecek telepon atau laptop tapi untuk mereka sendiri

Kenali 12 tanda orang lain sedang 'menyembunyikan' sesuatu dari kamu

Setiap orang memang memiliki privasi. Tapi kalau dia menyingkir untuk mengecek telepon atau laptop padahal kalian sedang mengobrol, kemungkinan dia menyembunyikan sesuatu.

4. Mendadak merasa tertohok dengan pertanyaanmu

Brili    : "Kamu semalem diam-diam ambil cup cake aku, ya? Katanya kamu mau diet!"

Lio    : (melotot dan menyentak) "Apa? Kamu nuduh aku begitu? Kamu nggak percaya aku lagi diet makanan gula?! Tega kamu!"

Respons orang yang merasa terintimidasi tak menutup kemungkinan untuk membalik pertanyaan plus ekspresi yang janggal.

5. Berusaha 'menyudutkan' kamu

Orang yang sudah terintimidasi karena menyembunyikan sesuatu biasanya akan "menyerang" kamu dengan mengatakan kamu berlebihan. Misalnya, kamu curiga pacarmu punya gebetan baru. Maka dia akan membalasmu dengan ekspresi dibuat-buat. Lebai, kamu! Ngerjain tugas bareng gitu aja, dibilang gebetan baru. Jangan ngawur, deh!". Padahal kamu tahu dia sering banget barengan sama orang bersangkutan.

6. Menghindari penggunaan kata 'Aku'

Saat kamu mengobrol "aku" ke "aku", ternyata dia justru menceritakan orang lain, dan jarang bicara "aku", bisa ditengarai dia sedang menyembunyikan sesuatu. Dia nggak mau kamu tahu sesuatu tentang "aku"-nya dia.

7. Berlaga sibuk

Kenali 12 tanda orang lain sedang 'menyembunyikan' sesuatu dari kamu

Kalau dia sering banget diajak ketemuan atau ngobrol nggak mau, dengan alasan ada urusan ini dan itu, kamu patut curiga dia menyembunyikan sesuatu.

8. Kebiasaan berubah tiba-tiba

Orang yang sedang ada "apa-apa" cenderung memiliki perubahan dalam bersikap. Contohnya kalau biasanya dia pulang kerja telat, eh, tiba-tiba jadi buru-buru, atau saat dia sering banget up date status media sosial terus tiba-tiba sama sekali nggak up date, dan lain sebagainya.

9. Bahasa tubuh 'beda'

Kenali 12 tanda orang lain sedang 'menyembunyikan' sesuatu dari kamu

Orang yang lagi melakukan defense, biasanya menyilangkan tangan di depan dada atau sering menyentuh wajah saat berbicara sama kamu. Ini pertanda dia sedang menciptakan sebuah penghalang fisik antara dia dan kamu, yang artinya dia sedang menjaga rahasia.

10. Jarang melakukan kontak mata

Mata adalah jendela hati, setuju? Nah, kalau orang diajak bicara tapi matanya ke mana-mana, sangat dimungkinkan dia nggak pengen kamu tahu isi hatinya alias  ada sesuatu yang dia sembunyikan dari kamu.

11. Khawatir saat kamu ngobrol sama kawan lainnya

Kenapa dia khawatir? Dia khawatir kamu bakal membocorkan rahasianya pada orang lain. Tentu saja, ini perasaan paranoidnya belaka. Jadi, kalau dia tiba-tiba bertanya-tanya "Habis ngobroblin apa sih, kalian?" disertai mimik wajah gelisah bercampur intimidatif, tapi pas ditanya bilang nggak ada apa-apa, patut dicurigai dia sedang menyembunyikan sesuatu.

12. Mengulangi frasa yang sama

Pertanda orang yang sedang menjaga rahasianya dari kamu adalah dia suka mengulangi frasa. Frasa sendiri adalah gabungan dua kata atau lebih yang lebih kecil dari klausa dan kalimat, dan tidak memiliki predikat dalam strukturnya. Contoh sederhana dan dan di luar poin ini adalah "ayam hitam saya", beda dengan contoh klausa "ayam saya hitam" yang mengandung predikat.