Brilio.net - Bagi seorang wanita, vagina merupakan organ intim yang paling berharga dari tubuhnya. Merawat dengan hati-hati harus menjadi hal pertama yang harus diperhatikan.

Namun, terkadang wanita tak menyadari, apa yang dilakukannya justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan "Miss V". Meskipun telah mengikuti aturan higienis tertentu, wanita cenderung melakukan hal yang bisa menyebabkan infeksi dan jenis-jenis penyakit. Apa saja?

Berikut 11 hal yang bisa ‘menyakiti’ vagina wanita seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Selasa (1/9).

1. Tindik vagina

Tindik pada bagian tubuh tentu menyakitkan, apalagi jika dilakukan di area genital. Sejumlah wanita diketahui pernah melakukan tindik vagina.

Tindik pada area tersebut tak hanya menyakiti vagina saat berhubungan seksual tapi juga bisa menyebabkan infeksi serius pada vagina.

2. Pelumas

Penggunaan pelumas berbahan dasar minyak saat berhubungan seksual bisa meninggalkan bakteri jahat berkembang di vagina.

Jika kamu memiliki masalah dalam bercinta, sebaiknya hanya menggunakan pelumas yang tidak mengandung minyak.

3. Krim


Adalah baik untuk menghilangkan rambut kemaluan, tapi jadi benar-benar tak sehat jika menggunakan krim khusus.

Alasannya krim khusus untuk menghilangkan rambut di area kemaluan bisa berdampak buruk bagi kesehatan ‘Miss V’. Bahan kimia pada krim tersebut dapat membuat organ intim kamu mengalami infeksi.

4. Douching

Mencuci vagina dengan air atau larutan khusus dengan cara disemprotkan atau biasa disebut douching dapat merugikan kesehatan vagina kamu.

Douching dinilai hanya membuat area intim mengering dan bisa menimbulkan infeksi bahkan memar di area organ intim.

5. Sabun wangi

Sama halnya seperti douching, terlalu sering membersihkan vagina menggunakan sabun wangi juga dapat membuat vagina mengering dan infeksi.

Membersihkan vagina dengan sabun terlalu banyak dapat membuat area intim mengering dan menyebabkan iritasi. Selain itu, justru bisa membunuh bakteri baik pada vagina.

2 dari 2 halaman


6. Tato

Menato bagian tubuh mungkin menurut kamu adalah seni. Akan tetapi, jika menato di area organ intim tak akan mempercantik vagina kamu.

Seperti tindik, tato juga memicu kemerahan dan peradangan pada vagina karena kulit menjadi sensitif.

7. Makanan

Jangan pernah memasukkan makanan ke dalam vagina. Beberapa makanan memiliki bakteri yang bisa tumbuh di kulit yang bisa menghambat bakteri baik pada vagina sehingga bisa mengarah terjadinya infeksi vagian.

8. Celana jeans ketat

Siapa sangka, memakai celana jeans ketat seperti skinny jeans juga dapat merugikan kesehatan vagina. Bahan jeans yang sangat rapat membuat kurangnya udara bagi vagina sehingga memungkinkan bakteri untuk tumbuh.

9. Bersepeda

Terlalu sering bersepeda dengan sadel yang tidak nyaman bisa membuat area organ intim nyeri. Untuk itu, pastikan menggunakan sadel yang empuk dan nyaman sehingga dapat melindungi zona berhargamu ketika bersepeda.

10. Terlalu lama berendam


Jangan terlalu sering lama-lama berendam saat mandi. Pertumbuhan bakteri bisa terjadi dalam air yang mungkin saja akan menginfeksi vagina.

11. Masturbasi

Pernahkah vagina terasa nyeri setelah masturbasi? Dalam berhubungan intim dengan suami, masturbasi dilakukan untuk merangsang kepuasan seksual.

Namun, masturbasi juga bisa memicu infeksi pada vagina. Gesekan pada area vagina bisa menyebabkan lecet hingga infeksi jika tidak higienis.