Brilio.net - Tungkai kaki merupakan penopang tubuh yang membuatmu kokoh berdiri. Nah, ternyata fungsinya tak sekadar itu, lho. Tungkai kaki yang kuat ternyata bermanfaat bagi kemampuan otak.

Untuk mengetahui kaitan antara kekuatan fisik dan mental, peneliti dari King's College London, Inggris, melihat kekuatan tungkai kaki, keterampilan kognitif, dan struktur otak dari 324 perempuan kembar pada suatu waktu, kemudian dilakukan kembali 10 tahun kemudian.

Pada akhir penelitian, para peneliti mencatat beberapa poin, menyesuaikan hasil untuk faktor genetik dan hampir setiap variabel kesehatan atau gaya hidup lain yang mungkin bisa condong ke arah data. Mereka menemukan bahwa wanita yang memiliki kekuatan tungkai kaki terbesar (ukuran yang digunakan untuk memperkirakan kebugaran secara keseluruhan) pada awal penelitian menunjukkan rendahnya penurunan kognitif dari waktu ke waktu daripada wanita yang pada mulanya memang memiliki tungkai yang lemah, sebagaimana dilansir brilio.net dari COSMOPOLITAN, Kamis (26/11).

Namun begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami persisnya kekuatan kaki terhubung ke kemampuan otak. Tapi ada penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik pemicu pelepasan hormon tertentu yang mendorong pertumbuhan sel syaraf. Hal ini tentu baik mengingat materi abu-abu di otak akan 'memudar' seiring bertambahnya usia, dan akhirnya memengaruhi memorimu.

Kabar baiknya dari King's College London, kamu tetap bisa menjaga kekuatan tungkaimu dengan olahraga jalan santai atau aktivitas jalan lainnya sehingga juga bisa menjaga akal atau kecerdasanmu.

Loading...