Brilio.net - Selama ini kita mengenal lalat sebagai hewan yang lebih sering membawa manfaat buruk karena kebiasaannya hinggap di tempat-tempat kotor. Bahkan akibatnya, makanan yang sudah dihinggapi lalat dapat membuatmu terkena berbagai penyakit mematikan seperti tifoid, disentri, kolera, frambusia, antraks, kusta, TBC dan lain sebagainya. Hiii!

Tapi menangkap lalat itu ibarat pungguk merindukan bulan, susah banget! Kok bisa sih?

Seperti dikutip brilio.net dari website resmi Caltech, Jumat (8/5), hal ini disebabkan karena lalat dapat mengenali ancaman berdasarkan lokasi. Otak lalat akan menghitung seberapa jauh ancaman yang mengancamnya sebelum memutuskan untuk mengepakkan sayapnya dan kabur. Bahkan persiapan meloloskan diri ini dilakukan lalat dengan cepat, hanya 100 milidetik setelah dia mendeteksi adanya bahaya. Wah!

Kesimpulan ini didapat setelah Michael Dickinson, seorang peneliti dari California Institute of Technology (Caltech), melakukan penelitian terhadap biomekanika sayap lalat. Penelitian ini bahkan memakan waktu selama 20 tahun lho, buset!

Dalam penelitiannya ini, Dickinson melakukannya bersama dengan Esther M dan Abe M Zarem. Mereka melakukan penelitian dengan merekam manuver sejumlah lalat ketika mereka sedang 'terancam' pukulan dengan menggunakan kamera digital yang dapat merekam dengan kecepatan dan resolusi tinggi.

HOT NEWS:

Televisi bukan tempat pamer harta

Menurut mereka, lalat memiliki integrasi yang sangat baik antara informasi visual dari mata dengan informasi metasensorik pada kakinya. Temuan ini juga memberikan petunjuk mengenai sistem saraf pada lalat yang baik dan juga fakta bahwa terdapat sistem pemetaan posisi ancaman yang baik yang terdapat dalam otak lalat.

Waktu terbaik untuk memukul lalat, masih menurut Dickinson, bukan pada saat lalat sudah siap terbang. Karena pada saat itu, lalat membutuhkan waktu yang lama untuk mengantisipasi ancaman yang datang padanya. Tapi tentu bukan hal yang mudah untuk melakukan gerakan yang akurat dalam waktu kurang dari 100 milidetik.

Mau coba lagi menepuk lalat? Semoga berhasil ya.

HOT-HOT-HOT NEWS:


Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi
Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar
Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba
Ada yang aneh di foto yang sangat indah ini
Jangan pernah panaskan kembali 6 makanan ini, tak baik bagi kesehatan