Brilio.net - Musim hujan telah tiba, bagi kamu yang sering bepergian mengendarai motor sebaiknya mulai sekarang siapkan jas hujanmu. Nah, memilih jas hujan memang gampang-gampang susah ya. Maka dari itu, kamu nggak boleh sembarangan lho.

Walaupun kelihatannya sepele tapi kalau kamu salah memilih bisa jadi fatal. Nah kali ini brilio.net bakal memberi tahu kamu apa saja sih tips memilih jas hujan yang benar, Minggu (15/11).

1. Sebisa mungkin hindari jas hujan model Batman

Kamu mau membeli jas hujan? Ini lho tips memilih yang benarfoto: garasiserbaserbi.com

Model ini sebenarnya bisa saja kamu pilih namun kalau kamu tidak hati-hati bisa terjadi hal yang fatal. Misalnya, bagian belakang akan terbawa angin dan kemungkinan besar jas hujan bisa tertarik oleh rantai motor. Bahkan, jas hujan model ini juga dapat menghalangi pandangan pengguna jalan yang ada di belakang kamu.

Loading...

Selain itu jika hujan turun dengan deras maka air akan mengenai sisi badanmu yang terbuka. Lebih baik pilih jas hujan dengan model celana dan jaket saja ya guys.

2. Pilih jas hujan berbahan PVC

Kamu mau membeli jas hujan? Ini lho tips memilih yang benarfoto: fhm.co.id

Bahan polyvinyl chloride (PVC) lebih kedap air daripada plastik biasa dan parasut. kamu menggunakan jas supaya badan kering dan aman dari guyuran hujan kan?

Jas berbahan PVC juga berpori-pori sangat rapat, maka air hujan sulit menembus ke dalam. Beda dengan parasut yang berpori lebih longgar. Sekalipun jas hujan parasut dilapisi filament untuk mencegah air merembes ke bagian dalam jas, namun semakin lama lapisan filament akan terkikis habis.

3. Pilih model pres bukan jahitan

Kamu mau membeli jas hujan? Ini lho tips memilih yang benarfoto: jualanjashujan.com

Selain memilih bahan kamu juga harus memperhatikan sambungan pada jas hujan. Jangan pilih sambungan yang dijahit karena menyisakan celah bagi air untuk masuk ke bagian dalam. Sebaliknya, sambungan dengan model pres yang lebih kedap air.

4. Pastikan resleting terbuat dari bahan yang kuat

Kamu mau membeli jas hujan? Ini lho tips memilih yang benarfoto: jualanjashujan.com

Resleting yang terbuat dari bahan plastik memang mudah rusak, baik itu patah atau macet. Sebaiknya pilih resleting dari besi atau bahkan tembaga. Lebih penting lagi adalah kedap air.

5. Pilih warna yang mencolok atau terang

Kamu mau membeli jas hujan? Ini lho tips memilih yang benarfoto: fhm.co.id

Tak hanya melindungi badan dari guyuran air hujan, jas hujan juga berguna sebagai penunjang keamanan berkendara. Pandangan yang terbatas karena terhalang hujan deras rentan mengakibatkan kecelakaan. Jika warna jas hujan terang atau bahkan mencolok pada bagian tertentu seperti memancarkan cahaya layaknya rompi polisi, tentu akan terlihat jelas oleh pengendara lain.