Brilio.net - Bagi sebagian wanita, memakai high heels sampai berbagai model sepatu udah jadi kebutuhan yang nggak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Tapi tau nggak, ternyata dengan memakai aksesoris penunjang kaki ini nggak hanya bikin penampilan kamu jadi lebih percaya diri tapi malah menimbulkan pengaruh negatif buat kesehatanmu.

Dikutip brilio.net dari Times of India, Selasa (28/4), berikut masalah yang mungkin timbul ketika kamu sering memakai jenis sepatu cantik ini.

1. Running sneakers

Jenis alas kaki wanita ini mengandung bahaya, kamu biasa pakai apa?

Running shoes emang lagi naik daun di kalangan anak muda, nggak ketinggalan juga para wanita berlomba-lomba untuk buat memilikinya entah buat gaya atau entah buat olahraga. Pasalnya selain cocok buat dipakai jalan-jalan, sepatu model ini juga cocok untuk berolahraga.

Loading...

Tapi ternyata terlalu sering memakai running sneakers dapat menyebabkan cedera kronis terutama pada bagian tumit. Waduh! Jadi lebih baik pakailah running shoes sesuai fungsinya ya. Batasi penggunaannya dan jangan memakainya untuk berolahraga.

2. Flip-flops

Jenis alas kaki wanita ini mengandung bahaya, kamu biasa pakai apa?

Nggak ada yang bisa ngalahin nyaman dan santainya pakai sandal jepit buat jalan kemana aja. Tapi model sandal jepit yang sebagian besar terlalu datar, terlalu tipis dan terlalu terbuka membuat kakimu jadi nggak terlindungi.

Apalagi kalau sandal jepit yang kamu pakai nggak punya alas yang mampu menahan kaki, penutup tumit dan lengkungan pada telapak kaki yang mengikuti kontur telapak kaki. Jelas bisa membahayakan kondisi kaki dan tungkai kaki kamu.

Belum lagi, bagian antara jari-jari memaksa otot kaki kamu untuk lebih menempel satu sama lain dan membuat otot-otot pada bagian depan tulang kering bekerja lebih keras. Hal ini dapat menyebabkan peradangan, nyeri tumit sampai patah tulang.

3. Stilettos

Jenis alas kaki wanita ini mengandung bahaya, kamu biasa pakai apa?

Stiletto adalah sepatu model sekarang yang dicirikan dengan hak berukuran super tinggi. Tapi dibalik cantik dan anggunnya stilleto, tersimpan sejumlah bahaya yang mengancam keselamatan pemakaianya.

Menurut sebuah studi, pemakaian sepatu hak tinggi dapat menimbulkan risiko seperti cedera kaki, punggung, lutut, dan betis. Cedera ringan yang dialami biasanya hanya kapalan pada kulit kaki atau lecet-lecet biasa.

Tapi kalau kamu memakai stiletto sampai berjam-jam akan membuat tekanan pada kakimu sehingga dapat menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki, patah tulang midfoot, neuromas (tumor jinak saraf).

4. Platform wedges

Jenis alas kaki wanita ini mengandung bahaya, kamu biasa pakai apa?

Wedges memiliki sifat tebal dan kaku sehingga membatasi gerak kaki dan dapat memengaruhi keseimbangan. Selain itu, wedges juga memiliki heels yang membuat tekanan pada kaki. Tapi pada umumnya heels memiliki alas atau platform yang bisa melindungi bola kaki dan mengurangi tingginya hak sepatu.

Tetap saja kalau kamu salah memilih model wedges bisa menderita penyakit yang sama pada bagian tumit. Kamu bisa pilih ankle strap wedges agar keseimbangan tercipta pada bagian kaki.