Brilio.net - Setelah berdebat atau merasa kecewa, biasanya diiringi dengan rasa marah. Meskipun begitu marah merupakan emosi yang wajar.

Akan tetapi, saat kamu marah kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukan sesuatu. Berikut adalah tujuh aktivitas yang harus kamu hindari saat kamu sedang mara dikutip oleh brilio.net dari Health, Senin (6/7).

1. Tidur
Jangan pernah tidur dalam keadaan marah. Hal ini bisa memperkuat emosi negatif tersebut. Berdasarkan studi dari Journal of Neuroscience, tidur bisa meningkatkan memori yang berhubungan berhubungan dengan emosi.

2. Nyetir mobil
Sangat berbahaya mengemudi jika kamu sedang marah. Berdasarkan penelitian, orang yang menyetir dalam keadaan marah bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Bahkan, rasa marah juga mengganggu konsentrasimu saat sedang nyetir.

3. Makan
Rasa marah bisa membuatmu jatuh pada makanan yang tidak sehat. Saat seseorang sedang emosi, mereka lebih memilih makanan dengan kandungan gula yang tinggi, berlemak, bahkan karbohidrat yang berlebihan.

4. Berdebat
Sebaiknya kamu diam saat sedang dikuasai oleh rasa marah. Jika kamu tetap berdebat, hal ini bisa memunculkan kata-kata yang membuat kamu menyesal. Selain itu, kata-kata yang dikeluarkan saat marah juga sering menyakitkan.

5. Online di Media Sosial
Mengekspresikan rasa marah pada dunia maya bukanlah keputusan yang bagus saat marah. Hal ini bisa membuat kamu terhantui dengan emosi tersebut. Akibatnya kamu selalu terngiang-ngiang dengan kejadian tersebut.

6. Minum alkohol
Menurunkan rasa marah dengan segelas minuman alkohol ternyata tidak artinya. Malah sebaliknya, minuman ini ternyata mampu meningkatkan rasa marah itu sendiri. Hal ini terjadi karena alkohol bisa menghilangkan kontrol impuls.

7. Menulis email
Sama halnya dengan update status, menulis email saat marah bisa terjadi kesalahpahaman. Pesan dalam email bisa terpengaruhi oleh emosimu. Bahayanya lagi saat kamu sudah klik tombol send. Hal ini bisa mengacaukan komunikasimu.