Brilio.net - Perbedaan gender tidak hanya mempengaruhi cara berkomunikasi secara langsung. Perbedaan itu juga terlihat saat online di Twitter. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada perbedaan permainan hastag di Twitter antara cewek dan cowok, dikutip oleh brilio.net dari The Antlantic, Selasa (23/6).

Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa doktoral asal New York University, Allison Shapp. Dalam penelitiannya dia menganalisis 1.633 hashtag dengan berbagai topik. Temuan dari riset ini menunjukkan bahwa 56% pengguna Twitter dengan jenis kelamin perempuan menggunakan hashtag lebih ekspresif. Sedangkan 77% pengguna akun cowok lebih cenderung menggunakan hashtag yang biasa saja.

Penggunaan hashtag pada Twitter memang dibuat untuk menekankan suatu hal. Pemilihan hashtag yang lebih ekspresif pada cewek sebenarnya sama saja saat mereka menuliskan tanda baca, huruf besar, dan pengulangan kata untuk menekankan suatu hal. Hanya saja media yang digunakan berbeda, yakni akun jejaring sosial.

Lebih lanjut lagi, gaya penulisan pada media sosial juga sangat jauh berbeda antara cowok dan cewek. Saat menuliskan sebuah status, cewek cenderung memakai emotikon dan juga memakai kata-kata ekspresif seperti 'ahh, ugh, dan grr'. Di sisi lain, cowok cendering lebih mementingkan isinya alias to the point.

BERITA TERKAIT:

Twitter bisa memprediksi kapan kamu sakit

Terganggu Twitter prostitusi? Begini cara melaporkannya

BACA JUGA:

15 Gambar ini hanya bisa dipahami para generasi pecandu media sosial

10 Hal yang seharusnya tak perlu kamu unggah di media sosial

Anak-anak boleh main smartphone, tapi harus unduh aplikasi budaya ini!

Main smartphone sambil nonton TV sama bahayanya dengan pakai narkoba

VIDEO: Refleksi perbedaan hidup bergantung smartphone dan yang tidak

Kisah CEO Facebook, rutin menyapa karyawan termasuk yang magang

Catatan bunuh diri seorang dokter di Facebook membuat gempar

5 Alasan penting kenapa kamu harus tutup akun Facebook sekarang juga

10 Perusahaan terbaik untuk magang, Facebook masih juaranya