Brilio.net - Berolahraga sudah seharusnya menjadi gaya hidup semua manusia yang ada di dunia ini. Tapi kebanyakan melakukan olahraga sesuai dengan apa yang menjadi tren sekarang ini. Contohnya, sekarang lagi ngetren banget lari marathon. Semua orang pada heboh berlari. Semua jenis-jenis lari diikuti. Dan kalau perlu, sebelum atau sesudah berolahraga, ada semacam keharusan untuk membuat postingan status atau foto lengkap dengan kostum olahraganya di semua akun sosial media untuk menarik perhatian.

Tapi kamu tahu nggak, sih, ternyata nggak semua olahraga bisa kita lakukan lho. Olahraga yang baik harusnya disesuaikan dengan tipe DNA atau golongan darahnya.

Joseph Christiano dalam bukunya yang berjudul, "Blood Types, Body Types, and You", mengatakan bahwa golongan darah adalah jejak genetis yang sangat kuat. Dan ternyata ada hubungan dan reaksi kimia antara makanan yang kita konsumsi, jenis olahraga dan golongan darahnya.

Lalu gimana cara yang tepat untuk menentukan olahraga yang sesuai dengan golongan darah? Berikut paparan dari Joseph Christiano seperti dikutip brilio.net, Selasa (24/3):

1. Golongan darah A
DNA golongan darah ini menyerupai DNA petani kuno. Walaupun mereka aktif, tapi orang dengan golongan darah A sering melakukan semua aktivitasnya dalam tempo yang lambat. Coba deh kamu perhatikan petani saat menanam padi di sawah, nggak bisa kan dilakukan dengan gerak yang cepat?

Jadi olahraga yang tepat adalah olahraga yang mengutamakan ketenangan. Ini fungsinya supaya kamu yang bergolongan darah A bisa fokus dan otot-otot menjadi lebih kuat. Olahraga yang cocok buat kamu adalah yoga, pilates, tai chi, atau olahraga isometrik.

2. Golongan darah B
Golongan darah B ini berasal dari nenek moyangnya yang pada masa hidupnya dulu, sering banget hidup berpindah-pindah atau nomaden. Nah, saat berpindah-pindah itu, mereka melakukannya nggak sendiri-sendiri, tapi secara  berkelompok.

Menyesuaikan dengan kebiasaan ini, olahraga yang tepat untuk kamu yang bergolongan darah B adalah olahraga cardio yang dilakukan secara berkelompok dengan efek berpusat di bagian bawah tubuh. Contohnya seperti tenis atau bersepeda.

3. Golongan darah AB
Pemilik golongan AB kalau diibaratkan seperti mobil, mereka ini termasuk golongan mobil hybrid. Ini karena golongan darah ini merupakan perpaduan dari golongan A dan B. Tapi sayangnya, pemilik golongan darah AB memiliki kebiasaan untuk cidera yang sangat tinggi, terutama di bagian otot dan sendi. Karena itu kamu nggak boleh melakukan olahraga yang berat-berat.

Olahraga yang ringan seperti jalan, hiking, golf, atau menari bisa tuh kamu lakukan. Sisi jeleknya lagi, golongan darah AB itu punya problem sama yang namanya kendali emosi. Sensitif gitu deh. Jadi selain olahraga ringan itu, kamu juga bisa melakukan yoga atau tai chi untuk melenturkan sendi dan menjaga mood kamu biar tetap stabil.

4. Golongan darah O
Kamu yang bergolongan darah O ini memiliki kesamaan dengan manusia yang pada jaman dahulu hidup di gua dan menghabiskan waktu dengan berburu makanan dan membela diri dari predator. Dari kesamaan-kesamaan ini, olahraga yang tepat untuk kamu bergolongan darah P adalah olahraga yang membutuhkan tenaga dan bersifat atletis.

Kamu bisa rutin berolahraga yang intens seperti berlari dari plyometrik. Olahraga bagi darah tipe O biasanya untuk mengekspresikan dirinya serta untuk mengatasi stres dan membangkitkan mood.