Brilio.net - Obat memang masalah yang sangat krusial dalam kesehatan. Jangan sampai kamu salah mengonsumsinya. Jika demikian, tubuh kamu bisa terkena efek samping yang berbahaya baik jangka pendek maupun panjan. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir.

Informasi tentang obat biasanya sudah tertera dalam kemasannya melalui simbol khusus. Tapi sudahkah kamu tahu arti logo dalam setiap kemasan obat? Berikut adalah arti simbol pada kemasan obat dikutip oleh brilio.net dari modul yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2008.

1. Obat bebas

Obat jenis ini ditandai dengan lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi berwarna hitam. Obat bebas dapat dibeli di pasaran walaupun tanpa resep dokter. Contohnya adalah parasetamol.

2. Obat bebas terbatas

Loading...

Simbol dari jenis obat ini adalah lingkaran bewarna biru dengan garis tepi berwarna hitam. Obat dengan simbol ini sebenarnya masuk dalam obat keras. Akan tetapi, kamu bisa membelinya meski tanpa disertai resep dokter. Akan tetapi kamu harus teliti dengan cara konsumsi obat ini yang ada di kemasan. Kamu juga harus memerhatikan komposisi pada obat dengan kemasan seperti ini. Contoh obatnya adalah CTM.

3. Obat keras

Untuk mengkonsumsi obat ini, kamu harus mengantongi resep dokter. Obat keras disimbolkan dengan lingkaran berwarna merah dengan garis tepi berwarna hitam dan huruf K ditengah yang menyentuh garis tepi. Contoh dari obat ini adalah Asam Mefenamat.

4. Obat narkotika

Simbol dari obat narkotika ditandai dengan lingkaran yang didalamnya terdapat palang (+) berwarna merah. Jenis obat ini berasal dari turunan tanaman atau bahan kimia. Efek dari obat jenis ini adalah bisa menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, bahkan bisa menimbulkan ketergantungan. Obat ini hanya dapat diperoleh dengan resep dari dokter. Contoh dari obat ini adalah Morfin dan Petidin.

5. Obat Psikotropika

Yang jelas obat jenis ini bukan berasal dari golongan obat narkotik. Efek dari obat ini adalah bisa memengaruhi syaraf pusat. Selain itu, obat ini juga bisa menyebabkan perubahan yang khas pada aktivitas mental dan perilaku. Simbol dari obat ini digambarkan dengan lingkaran berwarna merah dengan garis tepi berwarna hitam dan ditengahnya diberi tanda huruf K.