Brilio.net - Terlepas dari olahraga teratur, periode menetap atau duduk terlalu lama, menjadi ancaman kesehatan besar. Para peneliti di Kanada berpendapat demikian, sekaligus menambahkan bahwa peningkatan aktivitas olahraga dapat memainkan peranan dalam mengurangi dampak negatif dari duduk terlalu lama.

"Menghindari waktu menetap dan berolahraga secara teratur memang penting untuk meningkatkan kesehatan dan kelangsungan hidup kamu," kata Dr. Alter, Senior Scientist di Toronto Rehab, University Health Network (UHN) dan Institute for Clinical Evaluative Sciences. Pasalnya, sia-sia saja kalau kamu olahraga hanya 30 menit sehari sementara kamu duduk lama selama 23 setengah jam, seperti yang dikutip brilio.net dari laman Capital FM, Jumat (29/5).

Hal tersebut didukung oleh meta-analisis yang diterbitkan Annals of Internal Medicine, yang menyimpulkan bahwa orang-orang dengan olahraga lebih banyak memang memiliki konsekuensi lebih rendah dari duduk lama. Penulis meta-analisis Avi Biswas, seorang kandidat PhD di Universitas Toronto, menyatakan perlu ada penelitian lebih lanjut untuk memahami seberapa banyak aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk mengimbangi risiko kesehatan yang berkaitan dengan waktu duduk yang lama.

Dr. Alter sendiri melakukan pemantauan terhadap hal tersebut. Dia berpendapat bahwa dengan memperhatikan berapa lama kita habiskan waktu untuk duduk adalah apa yang akhirnya bisa memotivasi kita untuk mengubah cara kita. Dari sini dia memberikan solusi dari risiko duduk lama, yaitu pertama, penurunan waktu menetap sebanyak dua sampai tiga jam setiap 12 jam sehari. Kedua, lebih banyak beraktivitas. Misalnya saat sedang bekerja, kamu bisa berdiri dan bergerak setiap satu atau tiga menit setiap setengah jam. Kamu bisa olahraga ringan seperti dalam artikel "5 Olahraga yang bisa dilakukan di kantor". Atau ketika kamu sedang asyik mager alias males gerak saat menonton televisi, kamu tetap bisa berolahraga ringan seperti dalam artikel "Dengan 7 aktivitas ini, kamu tidak bisa beralasan malas olahraga".

Nah, guys, mulai perhatikan kembali ya, kesehatanmu, terutama yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Sebab, Dr. Alter menyatakan, "Lebih dari satu setengah hari waktu rata-rata orang dihabiskan untuk menetap, seperti duduk, melihat televisi, atau bekerja di depan komputer."

Loading...