Brilio.net - Jika sedang asyik duduk, jangan sampai lupa untuk menyempatkan berdiri. Tinggalkan tempat dudukmu sejenak, meski aktivitas sedang seru atau jadwal kerja yang padat. Ini penting karena demi kesehatanmu.

Duduk terlalu lama tak cuma bikin pegel, tulang jadi sakit-sakit semua. Studi terbaru menemukan bahwa duduk terlalu lama bikin sistem kekebalan tubuh akan semakin menurun. Waduh!

Seperti dikutip brilio.net dari Business Insider, Rabu (20/5), ketika kita duduk terlalu lama, maka proses metabolisme tubuh akan melambat. Proses metabolisme yang terganggu ini mengakibatkan makanan yang kita konsumsi akan membutuhkan waktu yang lama untuk terserap tubuh. Padahal nutrisi sangat dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sistem imun. Karena sistem imun melemah, virus dan bakteri gampang masuk dalam tubuh, sehingga jadi gampang sakit.

Sebenarnya duduk terlalu lama bukan pemicu utama, melainkan hanya salah satu penyebab penurunan fungsi sistem kekebalan. Namun jika dibiarkan terjadi secara terus menerus, ditambah asupan gizi yang tidak simbang, konsumsi protein hewani yang berlebih, serta terkontaminasi polusi, bukan tidak mungkin banyak penyakit yang akan menyerang. Nggak tanggung-tanggung, virus HIV pun bisa menyerangmu karena kebiasaan ini.

Untuk mengatasi hal ini, kamu disarankan untuk lebih memperbanyak asupan bawang putih yang kaya zat antiviral dan antibakteri serta sayuran merah, oranye, dan ungu yang mengandung banyak betakaroten. Kacang tanah juga baik untuk dikonsumsi sebab makanan sederhana ini ternyata menyimpan banyak nutrisi baik, seperti omega 3, vitamin E, antioksidan, serta zink yang baik bagi daya tahan tubuh.

Loading...