Brilio.net - Kemampuan bahasa seorang bayi memang masih rendah. Akan tetapi, bukan berarti kita harus menutup komunikasi dengannya. Mengajak bayi bicara sebenarnya merupakan hal yang bagus. Apalagi saat bayi masih dua atau tiga bulan. Dikutip oleh brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/6), mengajak interaksi dengan bayi melalui kata-kata mampu menambah kemampuan sosial dari si bayi.

Berdasarkan penelitian dari Economic and Social Research Institute, ngobrol dengan bayi mampu melatih kemampuan memecahkan masalah si anak. Bahkan efeknya bisa tiga kali lipat. Seorang dosen asal Mary Immaculate Collage juga mengatakan bahwa aktivitas seperti ini mampu meningkatkan kemampuan membaca.

Tidak hanya persoalan kemampuan verbal semata, berinteraksi dengan bayi juga bisa mendorong si kecil mengeksplorasi dunia sekitar dan kemampuan kognitif lainnya. Pernyataan ini diungkapkan oleh peneliti asal New York University, Athena Vouloumanos.

Sebaiknya memang bayi-bayi harus diajak untuk berinteraksi sejak dini. Selain membantu kemampuan berkomunikasi, dalam umur tersebut bayi sedang 'senang-senangnya' mendengarkan penuturan orang lain. Jadi, jangan kaget jika ada seorang ibu yang mengajak ngobrol bayinya dengan ekspresi-ekspresi lucu.