Brilio.net - Perkembangan dunia kuliner di Indonesia begitu pesat. Akhir-akhir ini juga muncul beberapa chef yang ketenarannya menyaingi artis-artis papan atas di Indonesia. Sebut saja chef Juna, chef Rinrin Marinka, dan juga chef Farah Quinn yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Profesi chef memang menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan apalagi di dunia kuliner. Pesatnya perkembangan kuliner di Indonesia tersebut pun menjadi pertanda, bila kamu memiliki passion di bidang masak memasak, dan kemudian menekuninya, tentunya tidak mustahil kesuksesan akan mudah kamu gapai.

Tak hanya itu, bila kamu tertarik untuk menjadi seorang chef yang handal, tentunya kamu harus mulai belajar dan mengasah keterampilan memasakmu. Sebab, menjadi seorang chef profesional tidak hanya bermodal minat dan bakat saja, tetapi juga harus terus berlatih. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang chef yang handal, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/11).

1. Pelajari tentang industri kuliner

Ingin jadi chef terkenal? Coba 6 tips ini, ikuti kontesnya!

Loading...

Foto: Kapanlagi.com

Banyak yang terjadi di dapur restoran. Tak hanya mengerti tentang memasak saja, kamu pun juga harus mengerti tentang industri kuliner. Kamu harus benar-benar mengerti sistem kerja di industri kuliner.

2. Bergaul dengan chef senior

Ingin jadi chef terkenal? Coba 6 tips ini, ikuti kontesnya!

Foto: kulitputih.tumblr.com

Bergaul dengan chef senior dapat memberi pengaruh positif untuk keterampilan memasakmu nantinya. Kamu akan memperoleh banyak ilmu baru dengan bergaul bersama para chef profesional. Kamu juga dapat belajar teknik memasak dan resep baru yang belum kamu peroleh sebelumnya.

3. Perluas wawasanmu

Ingin jadi chef terkenal? Coba 6 tips ini, ikuti kontesnya!

Foto: warnanusantara.com

Menjadi seorang chef tidak hanya didukung dengan keahlian memasak saja. Kamu juga perlu belajar ilmu sosial budaya, ilmu akuntansi, ilmu kimia dan fisika, public relations (PR) serta berbagai ilmu lain yang mendukung. Memiliki jiwa seni juga sangat diperlukan seorang chef karena ia harus dapat memadukan bahan dan bumbu dengan tepat agar menghasilkan makanan bercita rasa tinggi.

4. Kamu harus mulai mengasah kemampuan manajerialmu

Ingin jadi chef terkenal? Coba 6 tips ini, ikuti kontesnya!

Foto: farahquinn.com

Dalam dunia kuliner, kerja sama tim juga sangat dibutuhkan, apalagi ketika kamu telah menjadi seorang chef profesional. Kamu akan menjadi koordinator bagi orang-orang di sekitar agar dapat menghasilkan masakan berkualitas.

5. Terjun langsung ke lapangan

Ingin jadi chef terkenal? Coba 6 tips ini, ikuti kontesnya!

Foto: beranda.co.id

Tak melulu tentang teori berupa resep-resep memasak, menjadi chef pun berarti mau terjun langsung ke lapangan dan mau untuk mengasah bakat dengan terus memasak.

6. Rajin mengikuti kompetisi

Ingin jadi chef terkenal? Coba 6 tips ini, ikuti kontesnya!

Kamu tak akan tahu seberapa jauh kemampuanmu memasak bila kamu tak memiliki keinginan untuk mengikuti kompetisi. Atau paling tidak, kamu bisa mengikuti ajang pencarian bakat memasak seperti yang bertajuk Eat List Star.

Eat List Star adalah ajang pencarian berbakat memasak se Asia Pasifik yang layak dan bisa kamu ikuti. Tak tanggung-tanggung, panelis yang berada di balik ajang Eat List Star ini merupakan chef-chef profesional dunia seperti Ryan Clift dari Singapura, dan juga orang-orang terbaik di bidang media seperti Simone Heng, Cheryl Tiu, dan UttsadaPanichkul (Utt).

Pendaftarannya sendiri dibuka mulai dari tanggal 16 November hingga 11 Desember 2015. Kamu bisa langsung masuk ke www.eatlist.sg, dan mendaftar di sana. 

Atau lihat video berikut ini:

Mudah, bukan? Tak sulit untuk menjadi seorang chef atau koki yang handal bila kamu mengikuti tips-tips di atas. Selamat mencoba!