Brilio.net - Bahaya kan kalau gigi kuning membuat kamu jarang tersenyum. Warna gigi yang tidak putih lagi terjadi bukan tanpa sebab.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu harus memerhatikan makanan yang sering dikonsumsi. Berikut adalah makanan yang harus kamu hindari agar gigi kamu tetap putih bersinar yang dikutip oleh brilio.net, Minggu (19/7) dari lifehack.org.

1. Kecap

Jika kamu ingin mempunyai gigi seperti artis iklan pasta gigi, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi kecap. Bahan kimia yang terkandung dalam kecap saat fermentasi bisa memperburuk warna gigi kamu.

2. Cola

Loading...

Siapa sih yang tidak tertarik dengan minuman segar yang satu ini? Apalagi di minum dalam keadaan dingin saat cuaca panas. Bila kamu ingin mempunyai gigi mengkilap sebaiknya hindari minuman ini. Jika kamu terlalu banyak minum cola dingin, maka gigi kamu juga makin banyak menyerap warna gelap cola tersebut. Masih berani untuk mencobanya?

3. Buah beri

Banyak sekali buah jenis beri yang bisa membuat gigi kamu berwarna kuning, seperti stroberi, bluberi, dan rasberi. Meskipun mengandung vitamin C yang tinggi, buah-buahan ini ternyata bisa memperburuk warna gigi. Jadi, segeralah minum air putih setelah makan buah-buahan tersebut agar gigi kamu tetap cling.

4. Saus tomat

Agak susah buat kamu yang doyan rasa pedas untuk menghindari saus tomat. Selain menyebabkan gigi bewarna kuning, saus tomat ternyata mengandung asam yang sangat tinggi.

5. Makanan berkari

Bagi penggemar makanan berkari, sulit untuk memelihara gigi tetap berwarna putih. Kandungan rempah-rempah yang tinggi dalam bumbu kari merupakan penyebab utama mengapa gigi berwarna kuning. Solusi yang paling mudah untuk mengatasinya adalah makan bayam setelah menyantap masakan kari.

6. Cuka

Terlalu banyak menggunakan cuka dalam makanan juga bisa membuat gigi kamu berwarna kuning. Jadi jika kamu menginginkan rasa asam dalam sebuah makanan, gantilah cuka dengan perasan jeruk nipis.

7. Teh dan kopi

Tidak terbantahkan lagi, kopi dan teh bisa membuat warga gigi kamu kuning. Kandungan warna dari dua minuman ini sangat mudah  merasuk ke dalam gigi. Jadi, sering-seringlah untuk menambahkan susu ke dalam dua minuman tersebut untuk mengatasinya.

8. Anggur

Baik anggur putih maupun anggur merah juga bisa menyebabkan gigi kamu berwarna kuning. Kandungan tanin dan polifenol dalam makanan ini merupakan pemicunya.