Brilio.net - Wisuda merupakan tanda bahwa kompetisi masuk dunia kerja sudah dimulai. Ada yang mengalami kecemasan dan ketakutan saat toga dipasang dan kata lulus diucapkan oleh rektor. Memang, fresh graduates memiliki cara pandang masing-masing persoalan pekerjaan. Akan tetapi kuncinya adalah kebahagiaanmu. Kenapa?

Lulusan yang bahagia memiliki kesempatan lebih besar dalam memperoleh pekerjaan pertamanya yang berkualitas, dikutip brilio.net dari Science Daily, Jumat (12/6). Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian disertasi yang dilakukan oleh Domingo Rafael Galiana Lapera dari University Miguel Hernandez, Elche, Spanyol.

Riset tersebut meneliti bagaimana karakter dari lulusan baru dalam proses mencari pekerjaan. Meskipun begitu, penelitian ini lebih menekankan bagaimana kondisi emosi seseorang dalam memperjuangkan pekerjaan impiannya. Untuk mengetahui bagaimana hubungan rasa bahagia dalam mencari pekerjaan, sang peneliti melibatkan 1.301 mahasiswa yang baru saja lulus dan sudah satu tahun diwisuda. Pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling.

Temuan dari riset tersebut mengungkapkan bahwa lulusan yang bahagia ternyata lebih optimis dan pantang menyerah pada proses mencari kerja. Itulah kenapa lulusan dengan sikap tersebut mempunyai kesempatan yang besar dan lebih cepat dalam mencari pekerjaan yang diidam-idamkan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Jadi, kuncinya adalah jangan lupa bahagia sesudah wisuda.

BACA JUGA:

Berkreasi membuat tong sampah unik, napi Pekalongan kebanjiran order

Anak tukang tambal ban ini hanya butuh 16 bulan hafal al quran 30 juz

Luna si kuda pustaka keliling 3 desa di Gunung Slamet pinjamkan buku

Keikhlasan bocah autis bantu ibunya jualan kaset pita jadul

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar

Pelajar ini 3 tahun menggendong temannya yang cacat ke sekolah

Cuma lulusan SMK, santri ini buktikan bisa sukses dari bisnis animasi

(brl/pep)