Brilio.net - Anak muda itu hobinya mencoba hal-hal baru. Seperti makanan, mereka selalu mencoba berbagai makanan-makanan yang baru yang belum pernah dicobanya. Makanya nggak heran kan, banyak anak muda yang mengunggah foto-foto makanan mereka ke media sosialnya.

Tapi hati-hati, guys, menurut studi terbaru yang telah dimuat dalam American Journal of Hypertension, anak muda yang hobi makan di luar, berpotensi mengalami tekanan darah tinggi dibanding mereka yang biasa makan masakan rumah.

Studi yang melibatkan lebih dari 500 orang mahasiswa di Singapura ini, seperti dikutip brilio.net dari Time, Minggu (10/5), menemukan fakta bahwa setiap satu makanan tambahan yang dimakan di luar rumah bisa meningkatkan lima persen tekanan darah yang berpotensi terserang hipertensi.

Hal ini disebabkan karena makanan yang di jual di luar cenderung memiliki lebih banyak kalori, lemak, dan garam dibandingkan makanan yang dimasak di rumah. Kalori, lemak dan garam inilah yang dipercaya merupakan faktor utama penyebab tekanan darah tinggi.

Dari penelitian ini juga didapati fakta bahwa sebesar 38 persen mahasiswa akan makan di luar sebanyak 12 kali dalam waktu satu minggu karena jauh dari rumah. Dan dari 38 persen itu, 28 persennya adalah responden laki-laki.

Loading...

Walaupun begitu, para peneliti menekankan bahwa studi ini belum bisa dijadikan tolak ukur penyebab hipertensi secara luas, dan hanya dapat diterapkan pada masyarakat di Asia Tenggara.

Wah, jangan sering-sering makan di luar ya? Kesehatanmu, lho!