Brilio.net - Barang gratisan memang selalu menarik bagi kita. Bahkan ungkapan “Kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar?” banyak yang mengamini. Akan tetapi dalam urusan aplikasi smartphone, kamu tidak boleh sembarangan untuk menginstal aplikasi gratisan.

Jika memang sudah memasangnya, sebaiknya di-uninstall. Penyebabnya adalah aplikasi gratis yang terkadang ada unsur iklannya bikin kamu rugi.

Dikutip brilio.net dari sciencedaily.com, Senin (27/4), iklan pada aplikasi gratis mengakibatkan baterai cepat habis, pulsa internet juga boros, dan makan memori lebih banyak.

Penelitian ini dilakukan oleh William Halfond dari University of Southern California berkolaborasi dengan peneliti asal Rochester Institude of Technology dan Queen University dari Kanada.

Hasil penelitian tersebut membandingkan aplikasi yang ada iklannya dan tidak beriklan. Temuan menungkap bahwa aplikasi dengan iklan membutuhkan daya 16-33% lebih tinggi. Hal inilah yang membuat baterai makin boros. Di sisi lain, daya tahan baterai juga akan turun menjadi 1,7-2,1 jam dari 2,5 jam.

Loading...

Tidak hanya persoalan daya baterai saja, aplikasi yang ada iklannya juga bisa membuat prosesor pada smartphone menjadi tidak maksimal. Hal ini dikarenakan peningkatan penggunaan memori  yang naik hingga 48%. Jangan heran jika smartphone kamu makin lemot.

Kerugian lainnya adalah, kamu akan cepat kehabisan paket data. Penyebabnya adalah secara otomatis smartphone kamu juga mengunggah isi iklan tersebut. Bahkan, peningkatan penggunaan paket data naik hingga 79%.

Jadi, meskipun gratis kamu tidak boleh asal pilih.